Abu Bakar Ba'asyir Cek Kesehatan di RS Harapan Kita

Abu Bakar Baasyir saat di Lapas Pasir Miskin, Nusa Kambangan, Jawa Tengah sebelum dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur Bogor Jawa Barat.
Sumber :
  • Humas Kementerian Hukum dan HAM

VIVA.co.id – Terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba'asyir dikabarkan tengah sakit dan dibawa ke Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat. Ba'asyir sebelumnya ditahan di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

PBNU Buka Suara soal Seruan Gus Ipul Jangan Pilih Capres Didukung Abu Bakar Ba'asyir

"Sejak kemarin, Abu Bakar Ba'asyir medical check up atau tes kesehatan di Rumah Sakit Harapan Kita," kata Kepala Lapas Gunung Sindur Bogor Mujiarto melalui sambungan telepon, Kamis, 10 Agustus 2017.

Sayangnya, Mujiarto tidak bersedia menjelaskan secara spesifik penyakit yang tengah diderita mantan pimpinan Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) itu.

Sekjen PDIP dan Yenny Wahid Setuju dengan Gus Ipul Jangan Pilih Paslon Didukung Abu Bakar Baasyir

"Kami tidak mengetahui penyakit yang dideritanya, silakan ke Rumah Sakit Harapan Kita, sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

Pada Mei 2017 lalu, Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, sempat menginspeksi Lapas Gunung Sindur di Bogor, Jawa Barat. Dalam kesempatan ini Fadli juga turut mengunjungi terpidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir dan mendengarkan keluh kesahnya.

Gus Ipul Bilang Jangan Pilih Capres Didukung Abu Bakar Baasyir, Pihak Amin Merespons Begini

Menurut Fadli, Ba'asyir berada dalam keadaan yang baik. Hanya saja pemimpin Majelis Mujahiddin Indonesia ini tengah punya masalah di gigi. Dan, salah satu yang dikeluhkan Baasyir adalah fasilitas kesehatan.

"Karena memang sebagai tahanan khusus tidak bisa dibawa ke rumah sakit, sehingga hanya mengandalkan dokter maupun perawat yang datang dari rumah sakit pengayoman," kata Fadli ketika ditemui usai kunjungan.

Ba'asyir resmi dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan Pasir Putih Nusakambangan Jawa Tengah ke Gunung Sindur, Bogor Jawa Barat, Sabtu 16 April 2016. Ba'asyir dipindah guna memecah kelompok terorisme di dalam lapas Nusakambangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya