Sabtu, 16 Kloter Jemaah Haji Tiba di Mekah

Ilustrasi jemaah calon haji.
Sumber :
  • Media Center Haji (MCH) 2017

VIVA.co.id – Sebanyak 16 kelompok terbang (kloter) jemaah haji Indonesia gelombang kedua dijadwalkan tiba di Mekah, Sabtu, 12 Agustus 2017. Kedatangan diawali oleh 445 jemaah haji yang tergabung dalam Embarkasi Surabaya (SUB) 44 di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Jemaah akan berangkat dari Tanah Air pada Sabtu dini hari, pukul 02.25 WIB dan diagendakan tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, pada hari yang sama pada pukul 08.45 waktu Arab Saudi.

Sedangkan kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua pada hari pertama ini, akan diakhiri dengan kedatangan jemaah haji asal Embarkasi Padang (PDG) 14 yang dijadwalkan tiba di Jeddah pada pukul 23.45 waktu Arab Saudi.

Jemaah Umrah yang Sempat Tertunda Akan Diberangkatkan Desember 2021

Kepala PPIH Daker Mekah Nasrullah Jasam mengatakan pihaknya akan memantau efektivitas imbauan mandi ihram sejak di embarkasi masing-masing.

Ini sesuai dengan edaran yang dikeluarkan Kementerian Haji Arab Saudi, yang meminta jemaah Indonesia tidak mandi ihram di bandara atau tidak berlama-lama ada di bandara.

Investasi di Arab, PT PP dan BPKH Bakal Garap Rumah Indonesia di Mekah

Aturan ini dikeluarkan dalam rangka mengurangi tumpukan jemaah haji di bandara dan mengurangi antrean panjang. Biasanya jemaah akan menghabiskan waktu hingga empat jam bila mandi dan ihram di bandara.

Ditambah lagi dengan perjalanan dari Jeddah ke Mekah selama 2 jam, maka jemaah baru akan tiba di pemondokan setelah 6 jam. Kondisi ini akan membuat jemaah kelelahan karena setibanya di Mekah, jemaah akan langsung melakukan umrah wajib.

"Soal niat ihramnya bisa di Yalamlam atau di Bandara Jeddah," kata Nasrullah di Mekah, Jumat, 11 Agustus 2017.

Terkait aturan ini, pihaknya sudah mensosialisasikan imbauan ini kepada jemaah di Indonesia. 

Sementara itu, Kepala Daker Bandara Arsyah Hidayat menekankan perlunya jemaah haji gelombang kedua mandi umrah sejak dari embarkasi di Tanah Air.

Adapun berganti kain ihram dan niatnya, bagi laki-laki bisa dilakukan di bandara. Ini penting guna mempersingkat keberadaan jemaah di bandara.

"Tidak bisa dibayangkan kalau setiap jemaah harus mandi dulu semua, antrean akan lebih panjang. Apalagi tahun ini kuota haji seluruh dunia kembali normal," ujarnya.

Arsyad menegaskan,  akan mulai memberangkatkan sebagian petugas Daker Bandara pada 11 Agustus 2017 untuk persiapan penyambutan kedatangan jemaah haji gelombang kedua di Jeddah.

Kepala Divisi Pemondokan PPIH Daerah Kerja Mekah, Fitsa Burhanuddin menambahkan, sejauh ini tak ada masalah krusial terkait persiapan pemondokan jemaah haji. 

Baik pemondokan untuk jemaah haji yang datang dari Madinah ke Mekah, atau untuk jemaah haji gelombang kedua yang datang dari Tanah Air menuju Mekah melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. 

“Sejauh ini tidak masalah dan kami sudah persiapkan semua,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya