Jokowi Minta Pramuka Tak Hanya Pintar Buat Simpul Tali

Presiden Joko Widodo berseragam baju Pramuka
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo, membuka Raimuna XI tahun 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur, Senin 14 Agustus 2017. Presiden Jokowi mengingatkan perkembangan teknologi dan zaman yang terus berubah termasuk penggunaan media sosial.

"Kita harus mendidik adik-adik pramuka bukan saja latihan baris-berbaris, cara membangun tenda atau membuat simpul tali saja. Tapi juga harus memandu adik-adik pramuka dalam disiplin menggunakan media sosial yang positif dan yang produktif," jelas Presiden Joko Widodo.

Di era teknologi dan persaingan, kreatifitas harus dimiliki oleh setiap generasi. Termasuk generasi pramuka, yang berada dalam era saat ini.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka yang Diperingati Setiap 14 Agustus

Perlu cara-cara yang kreatif oleh generasi milenia, dalam menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air pada setiap diri anggota pramuka.

"Kita harus meninggalkan pendekatan-pendekatan lama yang tidak pas  digunakan untuk generasi saat ini. Sentuhlah rasa cinta, bangkitkan rasa bangga generasi muda pada tanah airnya sehingga benar-benar tertanam di dalam diri setiap anggota gerakan pramuka," lanjut Jokowi.

Jokowi Minta Pramuka Turun Tangan Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Jokowi menekankan cara berpikir generasi saat ini tentu berbeda dengan sebelumnya. Untuk itu, gerakan pramuka harus melakukan terobosan, tak berpikir linier dan jangan terjebak pada rutinitas yang monoton.

"Seorang pramuka itu harus berani, termasuk berani melakukan inovasi. Seorang pramuka itu harus terampil, termasuk terampil dalam menggunakan teknologi secara positif," kata Jokowi.

Raimuna XI digelar sejak 14-21 Agustus 2017, dengan mengambil tema "Pramuka untuk Masa Depan Indonesia; Kreatif, Inovatif, Berkarakter".

Raimuna berasal dari bahasa Ambai, yang digunakan penduduk Yapen Timurdi Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Rai berarti sekelompok orang. Muna artinya daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai keberhasilan.

Maka Raimuna diartikan sebagai sekelompok orang yang tengah berkumpul bersama, dengan segala daya kekuatan yang baik untuk mencapai tujuan bersama.

Presiden Jokowi hadir didampingi Ibu Negara Iriana. Terlihat hadir juga Seskab Pramono Anung, Menpora Imam Nahrawi. Selain itu, hadir juga Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya