Teroris Bandung Ingin Serang Istana Negara dengan Bom Kimia

Petugas Kepolisian mengamankan area penangkapan terduga teroris di daerah Jajaway, kelurahan Antapani Kidul Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/8/2017)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA.co.id – Iyang alias Abu Nakir Shaab, terdua teroris yang diamankan di Kota Bandung Jawa Barat ternyata berencana akan meledakkan Istana Negara dengan bom kimia.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

"Sasarannya Istana Merdeka pada akhir Agustus," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus, Selasa, 15 Agustus 2017.

Kelompok teroris dari Jemaah Ansharut Daulah ini sebelumnya dibekuk pada Selasa pagi, sekira pukul 07.00 WIB dengan penangkapan pertama adalah YP alias Iyang di sebuah kontrakan di Kelurahan Antapani Kidul Kota Bandung.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Dari pengembangan, akhirnya diamankan empat lainnya yakni pasangan suami istri bernama AR dan AK, lalu SH. Ketiganya diamankan di wilayah Kiaracondong. Baru kemudian diamankan lagi seseorang bernama R di daerah Parakan.

"YP dan R adalah pendana sekaligus pembuat bom ini," ujar Yusri.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Dengan itu, total ada lima orang yang diamankan Densus 88 Antiteror dari Kota Bandung. Seluruhnya sipastikan memiliki keterkaitan dengan Bahrun Naim, seorang buronan teroris asal Indonesia yang kini diduga berada di Suriah. (Simak laporan terkait Bahrun Naim di sini)

"Kelompok JAD Bandung naungan Bahrun Naim. Bom yang ditemukan adalah bom bom kimia," ujar Yusri.

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Argentina menuduh Iran sebagai pelaku tindakan terorisme. Tuduhan ini muncul setelah lebih dari tiga dekade serangan yang mengakibatkan korban jiwa di Buenos Aires, Argen

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024