Unik, Prajurit TNI Adu Cepat Tarik Panser Anoa di HUT RI

Lomba menarik panser di Surabaya
Sumber :
  • tvOne

VIVA.co.id – Beragam cara dilakukan oleh masyarakat Indonesia, untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72 hari ini. Mulai dari menggelar upacara bendera, hingga mengadakan perlombaan dan hiburan bagi masyarakat.

Tak Sengaja Gagalkan Peredaran Ganja, Anggota TNI Dapat Sepeda Motor

Seolah tak mau ketinggalan, puluhan prajurit dari Batalyon Infanteri Mekanis 516/Caraka Yudha, Surabaya, turut menggelar berbagai kegiatan menarik pada HUT RI ke-72. Mereka mengadakan aneka perlombaan yang diikuti anggota Yonif Mekanis 516 beserta keluarganya.

Ada satu jenis perlombaan yang tak biasa dilakukan warga pada umumnya. Para anggota Yonif Mekanis 516 Surabaya itu beradu cepat menarik Panser Anoa. Ya, kendaraan tempur taktis itu ditarik delapan orang prajurit dengan tambang.

Ditutup Permanen, Ini Tiga Pelanggaran yang Dilakukan Kafe RM

Komandan Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha, Letkol Inf Lukman Hakim mengklaim, lomba menarik Panser Anoa ini hanya ada di Yonis Mekanis 516. Kebetulan, di Batalyon ini dilengkapi beberapa kendaraan tempur taktis jenis Anoa ini.

"Pada intinya, kami hanya ingin menguji kekompakan," kata Lukman, saat diwawacarai tvOne, Kamis 17 Agustus 2017.

Mayjen Dudung Minta Pomdam Jaya Kawal Kasus Penembakan Anggota TNI

Lukman mengakui, tak mudah menarik Panser Anoa yang memiliki bobot sekitar 15 ton. Kendati ditarik delapan prajurit, tetap saja sulit ditaklukan. "Ditarik delapan orang masih berat, tetapi dengan kerja sama yang baik, kendaraan ini akan maju juga," ujarnya.

Yonif Mekanis 516, lanjut Lukman, memang sudah beberapa tahun ini menggelar lomba adu cepat menarik Panser Anoa. Selain itu, ada juga perlombaan lain yang digelar di Batalyon ini. "Pesertanya hanya anggota kami saja, istri, dan anaknya," kata dia. (asp)

Ilustrasi penusukan

6 Fakta Pengeroyokan dan Penusukan Anggota TNI AD di Penjaringan

Baru-baru ini telah terjadi peristiwa pengeroyokan dan penusukan terhadap seorang anggota TNI AD bernama Pratu Sahdi (23) di Penjaringan, Jakarta Utara.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2022