2018, Jokowi Minta BPN Terbitkan 7 Juta Sertifikat Tanah

Presiden Joko Widodo di Mabes TNI, Senin, 24 Juli 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id / Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden RI Joko Widodo mengingatkan kembali pekerjaan rumah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) soal penerbitan hingga lima juta sertifikat tanah pada 2017. Target itu diberikan mengingat ada 80 juta sertifikat yang belum diterbitkan untuk 126 juta tanah di Indonesia.

Cek Fakta: Gibran Mengatakan Pemerintah Sudah Bagikan 110 Juta Sertifikat Tanah

"Saya sudah perintahkan Menteri BPN, biasanya satu tahun (menerbitkan) 400 atau 500 sertifikat. Enggak, saya enggak mau. Tahun ini harus diselesaikan lima juta sertifikat di seluruh Indonesia," kata Jokowi saat memberikan sertifikat tanah pada Program Strategi Nasional se-Jabodetabek di Lapangan Park And Ride Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 20 Agustus 2017.

Jokowi menekankan pihak Kementerian ATR/BPN harus punya target menyesuaikan kepentingan sertifikat yang harus dipraktikkan. Setiap tahun, menurutnya, penerbitan sertifikat harus meningkat.

Sertifikat Tanah Elektronik Minimalisir Mafia Tanah, Kata Menteri Hadi

"Tahun depan, tujuh juta sertifikat harus keluar. Tahun depannya lagi, sembilan juta sertifikat harus keluar," lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut dia, penerbitan sertifikat tanah perlu perlu ditingkatkan  karena untuk mencegah sengketa antara pihak yang mengklaim kepemilikan suatu bidang tanah. Jokowi menyampaikan bahwa masalah yang sudah menurun selama puluhan tahun itu harus segera diselesaikan.

Selamatkan Aset BMD dan BUMN, Menteri ATR/BPN Serahkan 305 Sertifikat Tanah di Lampung

"Saya minta seluruh Kanwil, kantor BPN, pelayanan sertifikat sekarang harus dipercepat, dipermudah," ujar Jokowi.

Menteri AHY di Markas Polda Jatim di Surabaya.

Menteri AHY Bongkar 2 Kasus Mafia Tanah Bernilai Miliaran di Jawa Timur

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan adanya kasus mafia tanah di Jawa Timur bernilai miliaran rupiah

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024