Puluhan Rumah Diterjang Banjir Bandang di Limapuluh Kota

Ilustrasi gedung pendidikan/Sebuah gedung sekolah dasar terdampak banjir bandang di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumtera Barat, pada Kamis, 24 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA.co.id - Sedikitnya 20 rumah warga dan satu unit bangunan sekolah di sejumlah jorong (semacam kampung) dilaporkan rusak akibat diterjang banjir bandang di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumtera Barat, pada Kamis dini hari, 24 Agustus 2017.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan, musibah itu terjadi akibat longsor di Bukit Cermin yang terbakar pada September tahun lalu. Material longsor kemudian terbawa arus deras air setelah hujan sepanjang malam.

Beberapa jorong yang terdampak banjir bandang itu, antara lain, Jorong Lurah Bukik, Jorong Tampuang Kodok, dan Jorong Tareh, Nagari Balai Panjang, di Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Lebih dari 13.000 Orang Dievakuasi di Kazakhstan karena Banjir

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatera Barat, Pagar Negara, data kerusakan dan dampak banjir itu masih bersifat sementara. Pasalnya, petugas masih mendata dan membantu warga membersihkan sisa material banjir bandang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika setempat memperingatkan bahwa sebagian besar wilayah Sumatera barat masih berpotensi hujan lebat dan bahkan disertai petir dan angin kencang pada hari ini, terutama hingga pukul 10.30 WIB.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Wilayah yang diprakirakan hujan lebat serta angin kencang disertai petir di antaranya, Kepulauan Mentawai, Agam, Padang Pariaman, Kota Padang, dan dapat meluas ke wilayah Padang Panjang serta Pesisir Selatan. (mus)

Warga melihat kondisi pascabanjir lahar dingin atau 'Galodo' dari Gunung Marapi menerjang Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Agam, Sumatera Barat, Jumat (5/4/2024). Banjir lahar dingin ini menerjang kawasan pemukiman dan memutus ruas jalan Bukitti

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

Banjir lahar dingin Gunung Marapi atau yang disebut 'Galodo' oleh warga setempat menerjang beberapa daerah di lereng Gunung Marapi, Sumatera Barat.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024