Pemerintah Wacanakan Transportasi Umum di Tol Cikampek

Ilustrasi kepadatan kendaraan di ruas tol Cikampek
Sumber :
  • ANTARA/Risky Andrianto

VIVA.co.id – Pemerintah mewacanakan pengembangan moda transportasi umum di jalan Tol Jakarta-Cikampek. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, wacana tersebut dikaji sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan di jalan tol yang ruasnya saat ini sedang menyempit akibat sejumlah pembangunan sejumlah proyek infrastruktur.

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

"Nanti busnya mondar-mandir seperti TransJakarta. Busnya ada 60 atau 100 unit," ujar Budi di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 6 September 2017.

Menurut Budi, penyediaan transportasi umum di Tol Jakarta-Cikampek diharapkan membuat masyarakat terdorong untuk tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi untuk melintasi jalan tol itu. Transportasi umum berupa bus yang disediakan, menurut rencana akan dikawal secara khusus. Dengan skema itu, akan membuat bus bisa melaju lebih cepat menembus kepadatan kendaraan pribadi di Tol Cikampek.

Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek

Saat banyak masyarakat yang memilih transportasi umum itu, Budi mengatakan, kepadatan di Tol Cikampek pada akhirnya akan menurun secara signifikan, meski proyek-proyek infrastruktur dikerjakan di jalan bebas hambatan tersebut.

"Kalau nanti banyak masyarakat yang menggunakannya, nanti kami tambah lagi busnya, baik dari arah Jakarta maupun menuju Jakarta," ujar Budi.

Lalu Lintas Kendaraan di Tol Japek Arah Cikampek Dialihkan Keluar Km 68 GT Kalihurip
Pengemudi mobil Fortuner berinisial PWGA yang bersikap arogan dan menggunakan pelat dinas TNI palsu (berbaju tahanan warna oranye) di Polda Metro Jaya, Kamis, 18 April 2024

Polisi Sebut Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Kakaknya

Polda Metro Jaya koordinasi Mabes TNI melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan pengemudi Fortuner itu.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024