Menteri Susi Segera Tenggelamkan 90 Kapal Asing

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, Selasa, 12 September 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti kembali melakukan langkah tegas terkait temuan kapal asing yang melakukan illegal fishing di perairan Indonesia. Sebanyak 90 kapal asing akan ditenggelamkan dalam waktu dekat ini.
          
Hal itu diungkapkan Susi usai menghadiri kuliah umum bertajuk Illegal Fishing dan Respons Indonesia, di Universitas Indonesia (UI), Depok Jawa Barat, Selasa, 12 September 2017.
          
“Ada rencana untuk penenggelaman kapal-kapal yang sudah ada ketetapan. Sekitar 90-an kapal yang akan kami tenggelamkan. Rencana tahun ini, tapi tidak tahu apakah bulan ini atau Oktober,” kata Susi.

TNI AL Tangkap 2 Kapal Asing Berbendera Vietnam di Laut Natuna

Susi mengatakan,  puluhan kapal tersebut berasal dari sejumlah negara berbeda. Namun ia sulit memastikan asalnya. Sebab, para pelaku kerap melakukan penyamaran. “Mereka itu dari sejumlah negara, ya macam-macam. Ada kapal Vietnam benderanya Malaysia, ada kapal Thailand benderanya Afrika,” ujarnya.

Dalam sekali tangkap, menurut Susi, sejumlah kapal asing tersebut mampu menampung ikan hingga 100 ton. “Kapasitas ikan, kalau Vietnam kecil, Thailand lebih besar, nah Tiongkok lebih besar lagi. Macam-macam beratnya, tergantung alat tangkapnya. Tapi rata-rata antara 70 sampai 100 ton," ujarnya menjelaskan. (mus)
 

Kemenhub Tangkap 3 Kapal Asing dan 1 Kapal Berbendera RI di Batam
VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali bersama jajaran Pati TNI AL

4 KRI TNI AL Siaga di Laut Natuna, KSAL: Kita Sering Tangkap Kapal Pencuri Ikan Vietnam

KSAL Laksamana Muhammad Ali tegaskan situasi di Laut Natuna Utara aman

img_title
VIVA.co.id
16 Januari 2023