Jihad FPI ke Myanmar Perburuk Kondisi Etnis Rohingya

FPI di aksi solidaritas muslim Rohingya
Sumber :
  • Anadolu Ajansi/Agoes Rudianto

VIVA.co.id – Front Pembela Islam (FPI) berencana akan mengirimkan ribuan anggotanya untuk berjihad membantu warga etnis Rohingya di Rakhine Myanmar. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas sesama muslim yang sedang teraniaya.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, mengatakan upaya yang akan dilakukan oleh FPI untuk berjihad tentunya kurang tepat. Sebab, langkah itu bisa dibilang keliru dan memperburuk keadaan.

"Saya kira satu persepsi yang keliru, bahkan memperburuk kondisi etnis minoritas muslim Rohingya di sana," kata Usman Hamid di Jakarta, Kamis, 14 September 2017.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Ia menjelaskan, bawa persoalan kekerasan terhadap etnis muslim Rohingya di Myanmar merupakan kekerasan yang dilakukan militer Myanmar terhadap warga sipil.

Sementara itu, Tim Pencari Fakta untuk Kasus Myanmar, Marzuki Darusman mengatakan, sebaiknya dalam membantu etis Rohingnya tidak dilakukan dengan cara jihad, yang berdampak terhadap warga Rohingya itu sendiri.

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR

"Bahwa masalah yang semestinya merupakan kemanusiaan lalu berubah menjadi masalah politik internasional yang dikaitkan dengan masalah terorisme,” kata Marzuki.

Diketahui, sejauh ini pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan kepada pengungsi etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. Bantuan dari Indonesia itu diserahkan langsung secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo. (ase)

Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024