Setahun, 30 Ribu Orang Indonesia Menyelinap ke Luar Negeri

Bareskrim Mabes Polri Geledah Tempat penampungan TKI Ilegal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Badan Nasional Penempatakan Tenaga Kerja Indonesia atau BNP2TKI mencatat ada puluhan ribu tenaga kerja Indonesia ilegal yang bekerja di luar negeri. 

Cerita TKI Hong Kong Kena COVID-19 Ditelantarkan Majikan

"Data dari imigrasi yang terkirim ada 2.600 (orang) per bulan. Jadi kalau dihitung-hitung per tahun ada 30 ribu orang yang tidak tercatat di negara, tidak tercatat di BNP2TKI," kata Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid di kantornya, Jumat, 15 September 2017.

Dampaknya, tidak ada politik kontrol dari pemerintah Indonesia, apakah para TKI ilegal ini dilatih kemampuan bahasa atau tidak sebelumnya. 

Kisah Perjalanan Para TKI Jadi Korban Kerja Paksa di Malaysia

Baca Juga:

Sebar Video Majikan Telanjang, TKI di Singapura Dibui 17 Bulan Penjara

"Karena tidak jelas, makanya banyak menjadi masalah di bandara, mau pindah bandara pesawat saja tidak tahu, sehingga harus tidur di bandara tiga hari tiga malam di Bandara Dubay, Qatar dan Abu Dabi," ujarnya.

Menurut Nusron, bahwa persoalan TKI ilegal menjadi persoalan yang cukup serius dan harus segera ditangani dengan baik. "Problem TKI masalah manusia, nyawa manusia (teraniaya) satu, kan jadi geger di republik ini," katanya. 

Para TKI ilegal ini mereka biasanya bekerja kasar di pabrik atau perkebunan atau juga menjadi pembantu rumah tangga baik di negara Asean maupun negara Timur Tengah. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya