15 Hektare Hutan di Gunung Guntur Ludes Terbakar

Kebakaran hutan di Gunung Guntur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id – Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat, kembali terbakar, Minggu 17 September 2017. Sekira 15 hektare lahan hutan habis terbakar. Lokasi lahan yang terbakar berada di kawasan hutan dan lahan cagar alam Kawah Kamojang, Komplek Gunung Guntur, Blok Tapal Kuda, Pamulangan. 

Geger, Suara Gemuruh Misterius di Gunung Guntur Hebohkan Garut

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Imat, mengatakan, saat ini kondisi api sudah mulai berhasil dipadamkan. Puluhan petugas dari Tim Pengendali Kebakaran (Dalkar) hutan, anggota Koramil, BPBD, sukarelawan dan masyarakat melakukan upaya pemadaman api sejak Minggu siang.

"Upaya pemadaman dengan menggunakan jet shooter sebanyak 11 buah dan gepyokan," ujarnya.

Mang Ade: Gibran 'Disembunyikan' di Gua Curug Cikoneng

Luas areal hutan yang terbakar mencapai kurang lebih 15 hektare yang terdiri dari tanaman vegetasi hutan, saliara, kirinyuh, kaso, alang-alang dan kaliandra. "Saat ini sedang dilakukan penyisiran untuk memastikan api benar-benar padam," ungkap Imat.

Sejauh ini tidak dilaporkan adanya korban jiwa, maupun para pendaki yang terjebak kebakaran hutan. Lokasi hutan yang terbakar berada jauh dari jalur-jalur pendakian dan lokasi perkemahan. "Korban tidak ada, lokasi pendakian maupun tempat perkemahan cukup aman," tuturnya. (one)

Kisah Gibran Selamat Usai Tersesat 5 Hari di Gunung Guntur
Sejumlah petugas berupaya memadamkan api yang membakar lahan hutan di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis, 7 September 2023.

Kebakaran Hutan Gunung Guntur karena Ulah Sekelompok Remaja, Menurut Polisi

Polisi menyebut penyebab kebakaran hutan di Gunung Guntur karena ulah kelompok remaja yang melakukan pendakian, kemudian membuat api untuk menghangatkan tubuh.

img_title
VIVA.co.id
10 September 2023