Ridwan Kamil Tak Persoalkan Pemutaran Film G30S/PKI

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tidak mempermasalahkan jika ada rencana pemutaran film sejarah G30S/PKI di Kota Bandung. Menurutnya, wajar jika dalam sejarah masih banyak perbedaan pendapat.

Keturunan PKI Boleh Masuk TNI, Begini Penjelasan Jenderal Andika Perkasa

"Enggak ada masalah. Sejarah itu dalam pandangan saya selalu ada multitafsir. Sebaiknya, dalam menyimpulkan sejarah kita ambil sumber bandingan-bandingan yang lain," ujar Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 20 September 2017.

Menurutnya, dengan situasi multitafsir saat ini, film tersebut jangan sampai dijadikan sumber utama untuk mengingat sejarah. Masyarakat diimbau cermat mencari sumber-sumber lain agar tidak menciptakan cara pandang keliru.

Mahfud MD Tegaskan Presiden Jokowi Tidak Pernah Meminta Maaf ke PKI

"Film itu salah satu sumber referensi, ada yang setuju, ada yang tidak setuju. Jadi supaya perspektif kita lengkap, cari juga pembanding yang lain," ujarnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung tidak akan mempersoalkan jika ada rencana pemutaran film PKI.

William Liddle: Partai Politik Tak Sumbangkan Banyak Kesejahteraan RI

"Sehingga kita dalam mengambil kesimpulan sejarah, bisa lebih. Jadi, di Bandung mah tidak melarang, tidak menganjurkan. Jadi dibebaskan, seperti tahun-tahun dulu, tidak akan diformalkan," katanya. (ase)

Jepretan layar (screenshot) sebuah unggahan Youtube yang mengklaim Anies Baswedan didukung oleh PKI disertai foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo tengah menunjukkan bukti video dukungan PKI kepada Anies.

Cek Fakta: Video PKI Dukung Anies

Sebuah unggahan Youtube mengklaim Anies Baswedan didukung oleh PKI disertai foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo tengah menunjukkan bukti video dukungan PKI kepada Anies.

img_title
VIVA.co.id
30 Agustus 2023