Indonesia Jadi Favorit Bandar Narkoba Dunia, Ini Sebabnya

Para pengedar narkoba dalam acara pemusnahan barang bukti kejahatan narkoba di BNN, Rabu (20/9/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Kepolisian mengungkapkan banyak bandar narkoba internasional kini mengincar Indonesia sebagai fokus penjualan mereka. Salah satunya dari Filipina.

AKP Andri Gustami Kurir Gembong Narkoba Fredy Pratama Segera Disidang, Terancam 20 Tahun Bui

"Dampak dari Filipina (eksekusi tembak mati), jaringan mulai masuk ke Indonesia," ujar Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Eko Daniyanto, dalam acara pemusnahan barang bukti narkoba di markas Badan Narkotika Nasional, Rabu 20 September 2017. 

Eko menuturkan, sejauh ini sudah ada 90 sindikat narkoba jaringan internasional yang mengedarkan barang haram itu ke tanah air. 

BNN Gagalkan Peredaran 433 Kg Sabu Sindikat Aceh-Kalimantan

Baca Juga:

Simpan 5 Kg Sabu di Plafon Rumah, Bandar dari Kampung Bahari Ditangkap

Karena itu, guna mengantisipasinya dilakukan kerjasama antara antara kepolisian, Direktorat Bea dan Cukai Kementerian Keuangan dan instansi terkait dalam mengawasi para bandar yang terus berdatangan memasuki wilayah Indonesia.

Sementara itu, Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Kombes Pol Jhon Turman Panjaitan menambahkan bahwa puluhan sindikat itu dari negara tetanga yaitu Malaysia, Hongkong, China dan juga ada dari Myanmar.  

"Dari situlah mengirim ke pantai sisi timur Sumatera dan berapa banyak pelabuhan tikus," ujarnya. 

Menurut Jhon Turman, para sindikat ini tidak menutup kemungkinan terus berkembang dan bertambah sebelum sumber narkoba disikat habis. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya