Pilkada DKI Jadi Lahan Subur Penyebar Isu SARA dan Hoaks

Diskusi Polri dengan tema 'Dagangan ala Lapak Saracen' di Kebayoran.
Sumber :
  • Irwandi Arsyad - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Berdasarkan data di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta putaran pertama menjadi lahan subur bagi penyebar konten SARA dan hoaks di media sosial.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Sebab, menurut Plt Kabiro Humas Kominfo, Noor Iza,dalam periode perhelatan Pilkada DKI Jakarta, yakni sepanjang 2016 hingga awal 2017, pihaknya mendapatkan sangat banyak laporan dari masyarakat tentang konten SARA dan hoaks.

"Awal Januari 2017 naik drastis. kemudian Februari menurun. Februari mulai turun sedikit. April turun," kata Noor saat diskusi dengan Polri dengan tema 'Dagangan Ala Lapak Saracen' di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 20 September 2017.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Noor Iza mengatakan, dalam gerakan memberantas dan melawan hoaks, perlu adanya kesadaran dari masyarakat agar bisa membedakan antara konten yang negatif dan positif. Terutama tidak ikut menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

Dan, menurut Noor, penyebar konten SARA dan hoaks tidak akan bisa lari dari buruan petugas kepolisian, meski melakukan penyebaran konten di daerah terpencil.

PAN Jakarta Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI: Semua Punya Hak

"Semua bisa dilacak. Ada di mana akan ketahuan juga. Apa pun yang dilakukan di dunia internet bisa dilacak, bisa dicari," ujarnya.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024. Sejumlah partai.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024