Warga Palembang Antusias Nobar Film G 30 S/PKI

Suasana nonton bareng film G30 S PKI di Benteng Kuto Besak Palembang
Sumber :
  • VIVA/Adjie YK Putra

VIVA.co.id – Markas Komando II Sriwijaya menggelar acara nonton bareng film Penghianatan Gerakan 30 September (G.30 S/PKI) di pelataran Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu malam, 23 September 2017.

Keturunan PKI Boleh Masuk TNI, Begini Penjelasan Jenderal Andika Perkasa

Dengan menggunakan tiga layar besar, ribuan warga memadati pelataran BKB dengan menggunakan tiga layar. Pada layar utama, Panglima Kodam II Sriwijaya, Mayjen TNI AM Putranto S bersama pejabat teras kota Palembang, ikut menonton film garapan sutradara Arifin C Noer ini.

Pantauan VIVA.co.id, pihak Kodam II Sriwijaya sebagai pelaksana menyiapkan beberapa tenda prajurit sebagai tempat warga menonton. Selain itu, beberapa makanan hasil bumi, seperti ubi dan pisang rebus juga disiapkan sebagai sajian nobar.

Mahfud MD Tegaskan Presiden Jokowi Tidak Pernah Meminta Maaf ke PKI

Pangdam AM Putranto mengatakan, nonton bareng ini untuk mengingatkan pada generasi muda sebagai penerus bangsa untuk melihat kekejaman PKI pada masa itu. Sehingga, bangsa Indonesia mengetahui jika komunis itu bertentangan dengan ideologi negara.

"Ideologi komunis itu bertentangan dengan Pancasila dan negara kita. Sangat bahaya, jika komunis muncul lagi. Jadi, kita harus waspada," kata dia.

William Liddle: Partai Politik Tak Sumbangkan Banyak Kesejahteraan RI

Sejumlah masyarakat Kota Palembang yang ikut menonton pemutaran film G 30 S/PKI, mengaku sudah lama tak menonton film tersebut. Andi (30), mengatakan film ini dulunya sering diputar di televisi saat memperingati HUT 17 Agustus, maupun Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

"Anak-anak sekarang tidak tahu apa itu PKI. Kami yang tua-tua juga rindu film ini. Sehingga, anak muda bisa tahu tentang penghianatan PKI," ujar Andi.

Jepretan layar (screenshot) sebuah unggahan Youtube yang mengklaim Anies Baswedan didukung oleh PKI disertai foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo tengah menunjukkan bukti video dukungan PKI kepada Anies.

Cek Fakta: Video PKI Dukung Anies

Sebuah unggahan Youtube mengklaim Anies Baswedan didukung oleh PKI disertai foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo tengah menunjukkan bukti video dukungan PKI kepada Anies.

img_title
VIVA.co.id
30 Agustus 2023