Foto dengan Patung Lenin, Fadli Zon Mengaku sedang Belajar

Fadli Zon.
Sumber :
  • Viva.co.id/Lilis Kholisotussur

VIVA.co.id – Foto Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, dengan patung tokoh komunis Uni Soviet, Vladimir Lenin, tengah viral di media sosial Twitter. Fadli menjelaskan, foto itu adalah saat dirinya berada di Museum Madame Tussauds London pada 2002 silam.

Viral, Pendeta Ini Ajak Jemaat War Takjil: Soal Agama Kita Toleran, Kalau Soal Takjil Kita duluan

"Itu waktu saya di Madame Tussauds. Bukan hanya (foto dengan patung) Lenin, ada Mahatma Gandhi. Itu waktu tahun 2002 di London," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 25 September 2017.

Fadli mengaku tidak punya motif apa-apa saat berfoto dengan patung Lenin tersebut. Ia menjelaskan, dirinya saat itu memang sedang mempelajari sejarah dan juga kuliah sastra Rusia.

Respons Kemlu Terkait Anggota PBB yang Singgung Netralitas Jokowi di Pemilu

"Kenapa ada foto dengan Lenin? Ya saya suka aja. Karena saya kan memang mempelajari. Saya mempelajari Lenin, saya mempelajari Josef Stalin. Saya kan (kuliah) sastra Rusia," ujar Fadli. 

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mengakui juga pernah berziarah ke makam pencetus komunisme, Karl Marx. Namun menurut dia, semua itu adalah dalam konteks mempelajari sejarah. 

Projo: Rekonsiliasi Penting untuk Menjadi Negara Maju Perlu Persatuan Nasional

"Begitu juga saya ke makamnya Marx. Waktu itu saya kan memang hobinya ziarah ya. Makamnya Stalin saya datangi, makamnya Lenin, makamnya Chiang Kai Sek, makamnya nabi-nabi hampir semuanya," tuturnya. (ren)

Patung Vladimir Lenin di Rusia

30-8-1918: Pemimpin Pertama Soviet Vladimir Lenin Ditembak

Dampak upaya pembunuhan itu adalah ribuan orang dieksekusi.

img_title
VIVA.co.id
30 Agustus 2017