Gajah Taman Marga Satwa Bukittinggi Mati Akibat Rematik

Seekor gajah betina koleksi Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi, Sumatera Barat, dilaporkan mati di kandangnya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA.co.id - Seekor gajah betina koleksi Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi, Sumatera Barat, dilaporkan mati di kandangnya. Gajah bernama Bita disebut sudah lama sakit.

Alshad Ahmad Disorot Media Asing, Dianggap Mengeksploitasi Satwa Liar

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter hewan spesialis gajah, Bita memang sudah mengidap penyakit asam urat dan rematik sejak tiga bulan lalu. Kondisi itu diperparah karena Bita dalam kurun waktu dua bulan terakhir sama sekali tidak tidur. Jika pun sempat tidur, tetap dengan posisi berdiri, karena tidak bisa tidur dalam posisi duduk seperti gajah pada umumnya.

"Bita sudah mengidap sakit asam urat dan rematik sejak tiga bulan lalu. Hal ini diketahui setelah sampel darah diambil dan dikirim ke Jakarta beberapa waktu lalu. Untuk menanganinya, bahkan dokter hewan spesialis gajah sudah didatangkan," kata AA Jusmar, pengendali ekosistem hutan BKSDA Bukittinggi, AA Jusmar, Rabu, 27 September 2017.

Penyebab Kematian Gajah Berusia 43 Tahun di ANECC Simalungun, Ada Infeksi Gigi

Sebelum mati, tim dokter hewan yang menanganinya sempat memberikan perawatan medis. Namun, kondisi Bita makin memburuk dan tidak bisa diselamatkan.

Untuk memastikan penyebab kematian Bita, tim dokter hewan melakukan nekropsi atau pembedahan untuk mengambil sampel beberapa organ penting yang akan diteliti di laboratorium hewan Veteriner di Baso.

Polisi Bongkar Perdagangan Satwa Langka di Bogor, Owa Jawa, Elang, hingga Lutung Budeng

Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi sebelumnya memiliki sepasang gajah. Namun kini tinggal seekor jantan bernama Zidan setelah kematian Bita. (mus)

Orangutan hasil jepretan Gerdie Hutomo Nurhadi.

Karya Fotografi Menangkap Keindahan Satwa di Taman Safari, Ada Kisah Menarik di Baliknya

Kategori Photo Story dimenangkan oleh foto ibu dan anak orangutan yang sedang bermain bersama. Anak orangutan dikenal sangat bergantung ke induk orangutan.

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2023