Wiranto Tak Kaget Dengar Kabar Pembelian Senjata

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, mengaku tak kaget ketika mendengar kabar pernyataan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, tentang pembelian ilegal 5.000 pucuk senjata api.

Terungkap! Ini Alasan Anggota KKB Papua Bisa Pakai Senjata Api Buatan Pindad

Sebagai mantan Panglima TNI dan Menteri Pertahanan, ditambah sekarang menjabat Menkopolhukam, Wiranto berterus terang sering menerima informasi semacam itu.

"Saya juga pernah Panglima TNI, saya juga pernah sebagai Menkopolhukam, jadi saya tidak asing dengan masalah-masalah seperti saat ini," katanya di Palembang, Sumatera Selatan, pada Kamis, 28 September 2017.

Ini 5 Jenderal Bintang 4 yang Paling Terkenal di Indonesia, Bukan Orang Sembarangan

Satu hal yang harus dilakukannya ialah memeriksa informasi itu. Sehingga dia menyebut 500 senjata pesanan Badan Intelijen Negara, bukan 5.000 senjata sebagaimana dikatakan Panglima. Setelah itu, sebagai bagian dari tugas dan tanggung jawabnya, menciptakan situasi politik dan keamanan nasional tetap tenang dan tidak terprovokasi isu pembelian senjata ilegal.

Wiranto juga menepis dugaan bahwa dia dan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, dipanggil oleh Presiden Joko Widodo untuk membahas khusus tentang polemik pembelian senjata itu. Dia mengatakan, cakupan kementerian yang dipimpinnya cukup luas; membawahi 24 kementerian, lembaga dan satgas. Maka setiap saat bisa saja menghadap Presiden untuk melaporkan hal-hal penting.

14 Jenderal TNI Bintang 4 yang Berkiprah di Era Kepemimpinan Jokowi

"Jadi, kalau saya menghadap Presiden, bukan hal yang aneh. Kali ini saja saya menghadap Presiden dan diributkan. Jadi biasa saja, enggak ada masalah,” ujarnya.

Mengenai pernyataannya soal pembelian senjata sebanyak 500 pucuk, Wiranto mengaku bukan ingin menyerang seseorang atau instansi lain. “Saya beri pernyataan ke pers itu untuk membangun suasana yang kondusif, dan tenteram, dan aman di masyarakat,” katanya. (ase)

VIVA Militer: Amunisi PT Pindad, MU3-TJ Kaliber 12.7x99 mm

5 Senjata Buatan Asli Indonesia yang Disegani Dunia, Ini Kecanggihannya

Pindad (Persero) menjadi perhatian karena menjadi satu-satunya perusahaan alutsista yang berhasil memproduksi beragam jenis senjata. Salah satu senjata adalah sniper oke

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024