Video Kemunculan Asap Putih saat Gunung Agung Kritis

Penampakan kemunculan asap putih di kawah Gunung Agung, Bali.
Sumber :
  • Repro facebook

VIVA.co.id – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, dalam kondisi kritis dan siap meletus.

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

"Vulkanik dangkalnya meningkat. Sekarang masih 300-an. Artinya, gunung kritis, sudah siap meletus," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, Gede Suantika di Pos Pemantau Gunung Agung, Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Jumat, 29 September 2017.

Menurut Suantika, tanda-tanda gunung berketinggian 3142 mdpl ini siap meletus juga terpantau dengan semakin tebalnya asap putih yang muncul dari kawah gunung. 

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Bahkan, ketebalan asap sudah mencapai 200 meter. Padahal sehari sebelumnya, ketebalan asap putih hanya mencapai 50-100 meter.

Suantika menuturkan warna asap tersebut masih berwarna putih seperti kapas belum berubah menjadi warna hitam keabu-abuan. "Kalau sudah berubah begitu, itu tandanya dia makin mau meletus, makin dekat ke erupsi," ujarnya.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Tanda-tanda kritis Gunung Agung tak hanya bisa terpantau di pos pengamatan PVMBG di Kecamatan Rendang saja. 

Tapi juga terlihat dari wilayah Kecamatan Sidemen, Karangasem. Bahkan, seorang warga Artha Ceko Sedatar berhasil merekam video penampakan detik-detik kemunculan asap putih di kawah Gunung Agung.

Dalam rekaman video yang diunggah di akun Facebook pribadi Artha, terlihat jelas asap putih mirip kapas mengepul di puncak Gunung Agung. Asap terlihat jelas meski direkam dalam jarak cukup jauh.

"Ada asap putih yg keluar dr kawah gunung agung mdh berjalan smpai skrg" tulis Artha di unggah video itu.

Lihat video berikut atau klik ini:

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya