PVMBG Tak Tahu Kondisi Terkini Gunung Agung karena Berkabut

Gunung Agung terpantau dari Pos Pengamatan di Karangasem, Bali.
Sumber :

VIVA.co.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengaku tak mengetahui detail kondisi terkini Gunung Agung di Karangasem, Bali. Pasalnya, hasil pengamatan citra satelit, gunung itu terhalang kabut.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

"Kemarin itu yang terakhir memang berkabut. Artinya, kita belum bisa menganalisa lebih jauh," kata Devy Kamil, Kepala Sub Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, di Pos Pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, pada Selasa, 3 Oktober 2017.

Dia menjelaskan, penampakan detail kondisi Gunung Agung memang tak dapat dipastikan. Namun, Berdasarkan sinyal yang terdeteksi, proses mitigasi keluarnya asap sulfatara ke permukaan masih terus berlangsung, titik panas asap sulfatara berada di timur laut permukaan kawah.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

"Kita berharap kalau asapnya terus keluar, tekanan di perut ini keluar. Tapi ini tidak kelihatan apakah suplai lebih kecil dari keluaran atau sebaliknya," katanya.

Kendati begitu, berdasarkan pengamatan citra satelit juga terpantau titik panas di beberapa sisi lain, meski dengan intensitas lebih kecil yang terpantau di bagian timur laut. Jumlahnya tak terpantau pasti karena pencitraan satelit tertutup kabut. "Yang kelihatan lebih dari tiga berdasarkan citra satelit," ujarnya. (mus)

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi
Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024