Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

  • Selasa, 3 Oktober 2017 | 12:59 WIB
  • PVMBG Tak Tahu Kondisi Terkini Gunung Agung karena Berkabut

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Bobby Andalan (Bali)
Gunung Agung terpantau dari Pos Pengamatan di Karangasem, Bali.
Photo :
Gunung Agung terpantau dari Pos Pengamatan di Karangasem, Bali.

VIVA.co.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengaku tak mengetahui detail kondisi terkini Gunung Agung di Karangasem, Bali. Pasalnya, hasil pengamatan citra satelit, gunung itu terhalang kabut.

"Kemarin itu yang terakhir memang berkabut. Artinya, kita belum bisa menganalisa lebih jauh," kata Devy Kamil, Kepala Sub Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, di Pos Pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, pada Selasa, 3 Oktober 2017.

Dia menjelaskan, penampakan detail kondisi Gunung Agung memang tak dapat dipastikan. Namun, Berdasarkan sinyal yang terdeteksi, proses mitigasi keluarnya asap sulfatara ke permukaan masih terus berlangsung, titik panas asap sulfatara berada di timur laut permukaan kawah.

"Kita berharap kalau asapnya terus keluar, tekanan di perut ini keluar. Tapi ini tidak kelihatan apakah suplai lebih kecil dari keluaran atau sebaliknya," katanya.

Lihat juga

Kendati begitu, berdasarkan pengamatan citra satelit juga terpantau titik panas di beberapa sisi lain, meski dengan intensitas lebih kecil yang terpantau di bagian timur laut. Jumlahnya tak terpantau pasti karena pencitraan satelit tertutup kabut. "Yang kelihatan lebih dari tiga berdasarkan citra satelit," ujarnya. (mus)

Saksikan Juga
Terpopuler