Polisi Dalami Peran Artis-artis Ini di Kasus First Travel

Syahrini
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fandi

VIVA.co.id – Tim penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri telah memeriksa sejumlah selebriti sebagai saksi, terkait kasus penipuan terhadap puluhan ribu calon jemaah umrah oleh First Travel.

Datangi Kejari Depok, Korban First Travel Minta Aset Segera Dikembalikan

Mereka yang telah diperiksa yakni, Syahrini dan Vicky Shu. Keduanya diketahui pernah diberangkatkan umrah oleh agen perjalanan milik Andhika Surachman-Anniesa Hasibuan

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto mengatakan, pemeriksaan sejumlah artis yang pernah diberangkatkan oleh First Travel, dilakukan untuk mengetahui keterkaitan mereka dengan biro perjalanan umrah tersebut. Terutama, menelusuri apakah ada kesepakatan tertentu antara First Travel dengan para artis itu.

Pengacara Sebut Ada Aset Bos First Travel yang Raib

"Yang artis-artis, karena memang yang ada di berita acara sebelumnya, juga di media. Kami, penyidik, perlu mendapat penjelasan sejauh mana keberadaan artis-artis ini dengan kasus ini. Apakah memang ada satu kesepakatan yang terkait dengan memberikan support atau apa," kata Ari di Bareskrim Polri pada gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Selasa 3 Oktober 2017.

Ari mengatakan, strategi memberangkatkan sejumlah artis merupakan cara mempromosikan agar First Travel dikenal oleh masyarakat dan lebih banyak dilirik publik figur. Ia mengatakan, First Travel juga menawarkan kontrak kerja sama dan diskon untuk Syahrini.

First Travel Salahkan Negara karena Gagal Tunaikan Tuntutan Jemaah

"Dari faktanya, itu trik daripada perusahaan supaya orang-orang terkenal, selebiriti ikut di dia," ujar Ari.

Ari menambahkan, sampai saat ini belum ditemukan adanya kesepakatan antara sejumlah artis yang pernah diberangkatkan ke Tanah Suci untuk mendukung aktivitas First Travel. Selain itu, belum ditemukan indikasi keterlibatan mereka dalam kejahatan yang dilakukan oleh bos First Travel.

"Tapi untuk sementara, untuk artis ini belum ada satu kesepakatan untuk ikut serta memberikan support, tidak. Datangnya itu dari perusahaan (First Travel), perusahaan itu yang menarik artis. Orang lain kan melihat, artis ini ikut. Percaya. Padahal, kalau si artis biasa saja. Jadi percaya," tuturnya.

Seperti diketahui, sejumlah artis pernah diberangkatkan ke Tanah Suci untuk umrah oleh First Travel. Di antaranya, Syahrini, Vicky Shu, Ria Irawan, dan almarhumah Julia Perez (Jupe). (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya