Terjebak Kebakaran, Lima Pekerja Pabrik Tewas

Kebakaran di sebuah pabrik di Jalan Raya Candi V, Karangbesuki, Sukun, Malang
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya (Malang)

VIVA.co.id – Kebakaran hebat terjadi di sebuah pabrik di Jalan Raya Candi V, Karangbesuki, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, 4 Oktober 2017, sekira pukul 12.30 WIB. Akibat kebakaran, lima orang tewas di dalam pabrik karena terjebak kobaran api.

Hujan Deras, Seorang Ibu Tewas Tertimpa Tembok Kecamatan di Malang

Korban terdiri dari empat perempuan dan seorang pria. Mereka adalah, Ani warga Petungsewu, Malang;  Iis warga Petungsewu; Sumarno, warga Ngasek; Ningsih, warga Karangbesuki; dan Sarmini, warga Kucur. Sedangkan dua orang yang selamat yaitu Yudi, warga Karang Ampel dan Taufik, warga Karangbesuki.

"Penyebab dugaan awal korsleting listrik merambat kemudian ada ledakan yang terjadi di bagian depan pabrik. Kelima korban ini sedang melakukan aktivitas kerja di dalam," kata Kepala Unit PMK Kota Malang, Jose Belo.

Klaster Keluarga dan Sekolah Pemicu COVID-19 Melonjak di Kota Malang

Belo mengatakan, pekerja tewas diduga menghirup zat kimia karbon monoksida atau CO. Pabrik yang terbakar merupakan pabrik produksi bungkus makanan sehingga banyak zat kimia di dalam pabrik. Hal itu justru membuat api cepat menjalar. "Korsleting merambat ke tabung jadi ada peledakan, ini pabrik bungkus makanan. Di dalam ditemukan, lem, cat dan tinner," ujarnya.

Dia menambahkan, "Mau menyelamatkan diri lari ke dalam gudang tapi justru menghirup udara beracun. Semua meninggal dunia dalam satu lokasi di gudang." 

Viral Haikal Hassan Diusir di Malang, Diminta Ceramah di Padang Pasir

Enam unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan oleh petugas PMK Kota Malang. Banyaknya bahan kimia membuat proses pemadaman berlangsung cukup lama. Butuh waktu 2 jam lebih untuk memadamkan api di dalam pabrik. "Kami belum bisa identifikasi korban, saat ini korban kami bawa ke kamar mayat RSSA untuk dilakukan autopsi," ujar Belo. 
 

Ilustrasi pemadam kebakaran.

Kebakaran di Pabrik Mesiu Rusia, Empat Orang Tewas

Kebakaran meletus di sebuah pabrik mesiu di kota Rusia Kotovsk, wilayah Tambov. Dalam insiden itu, telah menewaskan empat orang, dan melukai belasan orang lainnya.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2023