Pengungsi Gunung Agung di Zona Aman Pulang ke Rumah

Gunung Agung di Karangasem, Bali.
Sumber :
  • Bobby Andalan (Bali)

VIVA.co.id – Ribuan pengungsi Gunung Agung kembali ke rumahnya. Mereka adalah pengungsi dari zona aman bencana gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem tersebut. Kembalinya mereka ke rumah masing-masing sesuai arahan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Orang nomor satu di Pulau Dewata itu memang meminta kepada warga di luar 28 desa terdampak, yang ikut mengungsi agar kembali ke rumahnya masing-masing. Sebab, wilayah mereka merupakan zona aman dari bencana Gunung Agung.

"Sekitar 2.600 jiwa pengungsi dari desa yang aman telah kembali ke rumahnya," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Rabu 4 Oktober 2017.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Kendati begitu, pengungsi Gunung Agung masih tinggi. Hingga siang tadi terdata 141.213 jiwa di 416 titik pengungsian yang tersebar di 9 kabupaten/kota di Bali. Dari jumlah itu terlihat bahwa banyak warga yang berada di zona aman masih bertahan di pengungsian.

"Sesungguhnya di dalam radius berbahaya hanya 28 desa dengan jumlah penduduk sekitar 70.000 jiwa yang harus mengungsi. Namun ternyata masyarakat yang mengungsi berasal dari 78 desa, di mana 50 desa adalah desa aman. Gubernur Bali telah mengimbau masyarakat yang berasal dari 50 desa aman untuk kembali ke rumahnya," ujar Sutopo. (one)

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi


 

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024