Surabaya Mencekam dalam Drama Pertempuran 10 November

Adegan dalam drama kolosal Pertempuran 10 November 1945 dalam rangka HUT ke-72 TNI di Lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 5 Oktober 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Suara ledakan dan rentetan tembakan bersahut-sahutan di lapangan Markas Komando Daerah Militer V Brawijaya di Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 5 Oktober 2017. Di tengah itu, riuh teriakan serang, pekik takbir, sirine, dan deru mesin truk berseliweran di udara. Suasana mendadak mencekam.

Cak Imin ke Kader PKB: Saatnya PDIP Kita Kalahkan di Surabaya

Situasi itu gambaran dari peristiwa perlawanan Arek-arek Suroboyo terhadap tentara sekutu dan Belanda saat mempertahankan Kemerdekaan RI pada 10 November 1945. Pertempuran yang kelak dikenang sebagai Hari Pahlawan itu diceritakan dalam drama kolosal di acara HUT ke-72 TNI di Kodam Brawijaya.

Ratusan pelajar se-Surabaya dilibatkan dalam drama kolosal itu. Mereka berperan sebagai warga Surabaya bersenjatakan bambu runcing dan bedil rampasan. Di hadapan mereka, pasukan doreng-doreng Belanda yang diperankan oleh prajurit Kodam V menghadang dengan senjata laras panjang.

Alutsista Depan Istana, Hasto: Berdikari di Bidang Pertahanan Menguat

Drama diawali dengan suara Sukarno membacakan Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Setelah itu tentara sekutu dan Belanda (NICA) datang dan disambut warga Jatim. Perang pecah. Puncak pertempuran ialah ketika Belanda mengibarkan bendera mereka di pucuk tower Hotel Yamato (kini Hotel Majapahit).

Warga Surabaya digambarkan marah atas pengibaran bendera Belanda itu. Perang pun pecah, bendera Belanda dirobek, disisakan warna putih-merahnya saja. Begitu penjajah menyerah, terpekiklah kalimat 'Merdeka!' bersahut-sahutan. Dalam sejarah, peristiwa perobekan bendera Belanda itu dikenal dengan insiden Yamato. "Merdeka, merdeka, merdeka!"

Ratusan Polisi Hormat kepada Panglima TNI di Sepanjang Jalan Sudirman

Drama itu sukses menggambarkan situasi gawat Surabaya pada 10 November 1945. Instrumen mercon yang mengeluarkan suara dentuman bom dan salakan bunyi tembakan cukup mewakili kondisi masa itu. Begitu juga asap buatannya. Beberapa penonton bahkan terkejut kala ledakan mercon mirip suara bom terdengar tanpa diduga. "Awas bom," kata penonton.

HUT TNI di Kodam Brawijaya dihadiri pejabat utama dari Kodam V Brawijaya, Koarmatim, dan pejabat utama dari Angkatan Udara. Sebagai undangan kehormatan, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin, dan Gubernur Jatim, Soekarwo, juga hadir. Acara ini mengangkat slogan Bersama Rakyat TNI Kuat. (mus)

POTRADNAS IX 2023

Kota Surabaya Juara Umum POTRADNAS IX 2023

POTRADNAS IX 2023 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berlangsung sukses. Ini tidak cuma soal penyelenggaraan, namun jumlah remaja dari berbagai daerah yang terlibat.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2023