PVMBG: Jika Erupsi, Letusan Gunung Agung Berpotensi di Atas

Status level III (Siaga), Gunung Agung Meletus
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan, aktivitas deformasi atau perubahan bentuk Gunung Agung terus berlangsung bahkan cenderung meningkat.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Berdasarkan pengamatan PVMBG melalui GPS (Global Position System), Gunung Agung terus menggembung.

Meski demikian, PVMBG belum bisa menganalisis apakah bagian gunung yang menggembung itu merupakan arah atau pusat letusan Gunung Agung jika meletus. Sejauh ini, menurut Kepala PVMBG, Kasbani, belum ada tanda letusan akan terjadi di arah samping gunung. 

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

"Kami belum mengamati itu semua. Seandainya pun terjadi (letusan) masih melalui jalur terlemah di atas, karena kami belum menemukan tanda untuk terjadinya erupsi samping. Tentu kami tidak akan tahu kapan itu terjadi," kata Kasbani di Pos Pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Kamis, 5 Oktober 2017.

Kasbani menuturkan, memang tak ada yang bisa memprediksi kapan erupsi akan terjadi. Tapi, dari data pemantauan aktivitas yang direkam, PVMBG belum mendapatkan data kemungkinan Gunung Agung batal meletus. 

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

"Tentu kami tidak akan tahu kapan itu terjadi. Tapi tren terjadi erupsi masih sangat mungkin dan tren tidak terjadinya erupsi kami belum dapat," kata Kasbani.

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024