Gunung Agung Belum Tunjukkan Tanda Penurunan Aktivitas

Gunung Agung di Karangasem, Bali.
Sumber :
  • Bobby Andalan (Bali)

VIVA.co.id – Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kasbani, menjelaskan, hingga kini Gunung Agung belum menunjukkan penurunan aktivitas. Bahkan, aktivitas gunung dengan ketinggian 3.142 mdpl itu masih tetap tinggi.

Lereng Gunung Agung Kebakaran

"Selama tiga hari terakhir aktivitas Gunung Agung masih tetap tinggi. Meskipun ada sedikit penurunan, tapi hingga kini aktivitas vulkaniknya masih tetap tinggi," kata Kasbani, di Pos Pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Kamis 5 Oktober 2017.

Sejak beberapa hari terakhir, Kasbani melanjutkan, Gunung Agung masih berawan. Sulit untuk mengamati puncak Gunung Agung.

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

"Tapi, dari sisi utara kami bisa melihat di sana ada asap setinggi 50-100 meter hingga hari ini. Kegiatan vulkanik juga masih tinggi. Untuk tiga hari terakhir rata-rata sekitar 700 (gempa) jumlahnya," ujarnya.

Menurutnya, hal itu menunjukkan jika aktivitas di dalam perut Gunung Agung masih bergejolak. Artinya, statusnya masih tetap pada level IV atau Awas.

Gunung Agung Meletus Muntahkan Abu Vulkanik Sejauh 2 Km

Masyarakat tetap direkomendasikan untuk menjauhi radius 9 kilometer dengan sektoral 12 kilometer. Kasbani mengaku setiap hari terus menganalisis aktivitas gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem itu.

"Tentunya kami bergerak berdasarkan data yang didapatkan, baik data kegempaan maupun data lainnya," katanya.

Gunung Agung

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

Kebakaran sejak siang tadi dan terus membesar hingga malam ini.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2019