Demokrat Siapkan Agus Hermanto untuk Pilgub Jawa Tengah

Petinggi Partai Demokrat di sela Musyawarah Cabang di Semarang, Jawa Tengah, pada Jumat, 6 Oktober 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Partai Demokrat mempersiapkan Agus Hermanto sebagai calon gubernur atau wakil gubernur Jawa Tengah pada pilkada tahun 2018. Partai menganggap Wakil Ketua DPR RI itu kader andal yang menguasai permasalahan Jawa Tengah.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

"Pak Agus Hermanto itu kader andal, orang Jawa Tengah yang punya kualitas, dan kapabel dan besar di Jateng," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat, Rinto Subekti, di sela Musyawarah Cabang Partai Demokrat Jawa Tengah di Semarang pada Jumat, 6 Oktober 2017.

Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu juga menyiapkan nama dua kader lain untuk Pilgub Jateng, antara lain Djoko Udjianto dan AS Sukawijaya, masing-masing anggota DPR RI dan anggota DPRD Jateng.

Survei PPI: Popularitas Gibran Unggul di Pilgub Jateng, Faktor Anak Jokowi Cuma 8,1 Persen

Meski begitu, mengenai keputusan rekomendasi Partai Demokrat harus lebih dahulu melalui Majelis Tinggi. Demokrat Jateng sifatnya hanya memberikan paparan dan saran, yang berarti ketiga nama tersebut belum spesifik dipastikan dicalonkan. Bergantung  peluang berkoalisi dengan partai lain.

Demokrkat juga terus berkomunikasi dengan partai lain karena memang tidak bisa mengusung calon sendiri di Pilgub. Di DPRD Jateng, Demokrat hanya punya sembilan kursi.

PPI: Dari Segi Popularitas Bakal Cagub Jateng, Gibran Tertinggi

"Kalau kader kami belum bisa tampil di depan kami pun tidak masalah. Yang jelas kami punya jiwa besar dan siap berkoalisi dengan siapa pun," ujarnya.

Pramono Edhie Wibowo, petinggi pimpinan pusat Partai Demokrat, mengklaim partainya sedang mempersiapkan infrastruktur untuk menyongsong Pilkada Jawa Tengah sekaligus Pemilu tahun 2019. Di antaranya dengan menggelar serentak Musyawarah Cabang bagi 35 pimpinan cabang Partai Demokrat se-Jawa Tengah.

"Karena tujuan kami Musda dan Muscab di Jateng ini untuk menata oragnisasi, tentunya untuk menang Pilkada, Pileg dan Pilpres," katanya.

Musyawarah cabang se-Jawa Tengah digelar dua tahap, yakni tahap satu untuk 17 kota/kabupaten dan akan menyusul tahap dua untuk 18 daerah tersisa. Musyawarah Cabang itu dianggap suatu yang luar biasa karena terakhir digelar pada tahun 2006/2007.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya