Wiranto: Amunisi Senjata di Soetta Dititipkan ke TNI

Menko Polhukam Wiranto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyampaikan pemerintah memutuskan agar amunisi senjata api yang tertahan di Bandara Soekarno Hatta akan dititipkan ke Mabes TNI. Senjata api sebelumnya didatangkan Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri.

Satgas Pamtas RI-RDTL Naga Karimata TNI AD Serahkan 7 Pucuk Senjata Api ke Brigjen TNI Joao Xavier

"Amunisi tajamnya dititipkan ke Mabes TNI. Amunisi ada tiga macam, ada smoke atau asap, ada gas air mata, ada yang tajam. Nah, yang tajamnya ini, nanti dititip di Mabes TNI," kata Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Oktober 2017.

Menurut dia, bila Polri ingin membutuhkan amunisi tajam tersebut maka ada prosedur dan koordinasi antar lembaga terkait. "Sehingga setiap saat ya, kalau memang dibutuhkan, ada suatu proses (untuk menggunakannya)," lanjut Wiranto.

Dito Mahendra Divonis 7 Bulan, Langsung Keluar Penjara

Keputusan ini diambil setelah sebelumnya Wiranto mengumpulkan pejabat terkait untuk menyelenggarakan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas). Rapat ini terkait membahas impor senjata api.

Dalam rapat ini dihadiri Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Jenderal Budi Gunawan. Lalu, ada juga Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi dan Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose.

5 Alutsista Asli Buatan Indonesia Ini Laris Manis Dipesan Negara Lain

Wiranto menyampaikan TNI akan segera mengeluarkan rekomendasi yang dibutuhkan agar senjata bisa segera diambil dari Soekarno-Hatta. Namun, mantan Panglima ABRI ini menegaskan, penerbitan rekomendasi hanya dilakukan dengan catatan tak ada amunisi tajam yang turut diambil Polri.
 
"SAGL 40 x 46 (milimeter), yang masih tertahan di Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, akan segera dikeluarkan rekomendasi (untuk mengambilnya) dari Panglima TNI," ujar Wiranto.

Senjata milik Polri yang masuk ke Bandara Soekarno Hatta.

Amunisi senjata milik Polri yang tertahan di Bandara Soetta. Foto: istimewa

Sebelumnya, ramai diberitakan terkait kedatangan ratusan senjatadi Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pada Jumat malam, 29 September 2017. Senjata dan amunisi tiba sekitar pukul 23.30 WIB. Diketahui, senjata diimpor PT Mustika Duta Mas dengan menggunakan pesawat carter model Antonov AN-12 TB dengan Maskapai Ukraine Air Alliance UKL-4024 dan akan didistribusikan ke Brimob Polri.

Kedatangan amunisi senjata ini pun jadi pertanyaan publik. Terkait hal ini, Polri tak menampik jika senjata-senjata tersebut memang akan dikirimkan untuk Brimob.

Berdasarkan data yang beredar, amunisi senjata di Bandara Soetta berupa senjata jenis Arsenal Stand Alone Grenade Launcher (SAGL) kaliber 40 x 46 milimeter sebanyak 280 pucuk. Senjata dikemas dalam 28 boks (10 pucuk/boks), dengan berat total 2.212 kilogram.

Ada juga amunition castior 40mm, 40x 46mm round RLV-HEFJ dengan fragmentasi eksplosif tinggi Jump Grenade. Itu dikemas dalam 70 boks (84 butir/boks) dan 1 boks (52 butir). Total ada 5.932 butir (71 boks) dengan berat 2.829 kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya