Prediksi Jokowi Tepat, Bandara Trunojoyo Ramai Peminat

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pengembangan Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, dimulai atas perintah Presiden Joko Widodo untuk konektivitas daerah-daerah.

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan, pemerintah memang terus mengembangkan bandara-bandara yang ada. Seperti Trunojoyo, yang baru dibuka untuk komersial pada 27 September 2017 lalu.

"Apa yang ditekankan Presiden menjadi kenyataan. Kalau kita beri fasilitas airport, akan langsung efeknya enggak lama," kata Agus di Bandara Trunojoyo, Sumenep, Minggu, 8 Oktober 2017.

Ramp Check Angkutan Lebaran 2024, Dishub Tangerang: Bus Pakai Klakson Telolet Tak Laik Jalan

Baru beberapa pekan dibuka, kata Agus, penerbangan yang hanya sekali sehari dari Sumenep ke Juanda Surabaya, langsung dipadati.

Menurut Agus, dengan banyaknya peminat itu, maka apa yang diprediksi Presiden Jokowi sudah tepat. "Hari pertama 80 persen (penumpang), kedua 85 persen. Tapi beberapa hari ini re-check terus, lebih peminatnya," jelas Agus.

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

Pengembangan Bandara Trunojoyo, lanjut Agus, memberi manfaat bagi masyarakat di Madura. Sebab, memangkas perjalanan darat yang biasanya dilalui ke Surabaya hingga 4 sampai 5 jam.

Untuk Bandara Trunojoyo, runway sudah diperpanjang, dengan dua apron. Saat ini, rute yang dilalui baru antara Juanda-Trunojoyo dan sebaliknya, sehari sekali.

"Sesuai perintah Presiden, kita harus meningkatkan konektivitas udara. Oleh karena itu, dari Kemenhub Pak Budi Karya menugaskan saya untuk membuka konektivitas dengan mengembangkan bandara-bandara di pinggiran kemudian yang di daerah terisolir. Tujuannya untuk membuka akseptabilitas supaya mobilitas masyarakat bisa ditingkatkan," jelas Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya