Jangkar Raksasa Ditemukan di Perairan Sabang

Jangkar raksasa ditemukan di Sabang, Aceh.
Sumber :
  • Muhammad Fadly/tvOne.

VIVA.co.id – Penduduk Kota Sabang, Aceh, dihebohkan oleh jangkar raksasa, yang ditemukan saat seorang nelayan sedang menyelam untuk mencari ikan. Jangkar seberat 3,2 ton itu diperkirakan bekas kapal besar berusia ratusan Tahun. 

Sabang Jadi Incaran Kapal Pesiar Dunia

Berdasarkan laporan tvOne, Senin 9 Oktober 2017, proses pengangkatan jangkar dilakukan warga dan sejumlah pegawai Badan Pengelolaan Kawasan Sabang (BPKS). Jangkar itu berada di laut dekat Dermaga Pelabuhan CT1 milik BKPS di Desa Kuta Bawah Barat, Kepulauan Sabang. 

Proses pengangkatan jangkar berlangsung Dramatis, lantaran hal ini dilakukan selama tiga hari. Para penyelam pun harus menghabiskan waktu berjam-jam tiap harinya untuk memastikan jangkar tersebut bisa diangkat menggunakan crane milik BPKS yang ada di dermaga tersebut. 

Wisatawan Asing Kagumi Atraksi Tradisi Kanduri Laot

Kudus, warga yang menemukan jangkar tersebut, mengaku senang karena tim telah berhasil melakukan pengangkatan. Meski mengancam keselamatannya, dia rela membantu tim saat proses itu berlangsung karena ingin terlibat dalam penyelamatan benda bersejarah. 

Setelah berhasil diangkat ke darat, jangkar tersebut dibawa ke Museum Kota Sabang. Kepala Bagian Pengelolaan Aset dan Museum BPKS Sabang, Fauzi Daut mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penelitian untuk mengetahui sejarah jangkar tersebut. 

Mengintip Kemewahan Kapal Yacht asal Australia

Pemberat kapal ini pun akan dijadikan monumen di halaman depan Museum Kota Sabang. Agar bisa dinikmati masyarakat Indonesia dan sebagai bukti bahwa Sabang memiliki sejarah penting maritim nasional. (ren)

Laporan: Muhammad Fadly

Tugu Nol Kilometer di Sabang.

Kilometer Nol di Sabang Terpilih Jadi Destinasi Pariwisata Terunik

Dalam ajang Anugerah Pariwisata Indonesia (API) 2019.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2019