Kisah Kehebatan Laksamana Malahayati akan Dibuat Film

Panglima TNI Gatot Nurmantyo.
Sumber :
  • Syaefullah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) berencana akan membuat film salah seorang perempuan pejuang yang berasal dari Kesultanan Aceh, Laksamana Keumalahayati atau biasa disebut Malahayati. 

Sosok Ini yang Membuat Adik KH Agus Salim Tertarik Masuk Katolik

"Mudah-mudahan tahun ini kita sudah mulai lounching (penggarapannya)," kata Panglima TNI Gatot Nurmantyo di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Selasa malam, 10 Oktober 2017. 

Gatot menjelaskan, Malahayati merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut di Aceh. Malahayati diketahui pernah menusukkan rencong di tubuh musuhnya. Kemudian saat berlayar dia terkenal dengan keahliannya menggunakan kompas bintang sebagai petunjuk arah

Kisah Chalid Salim, Adik KH Agus Salim yang Memilih Agama Katolik

"Dia seorang perempuan yang bertugas sebagai intelijen kerajaan," ujarnya.

Gatot mengakui, dalam proses pembuatan film Malahayati ini memerlukan waktu, khususnya untuk studi pustak. Sehingga, narasi cerita dalam film ini dapat dipertanggungjawabkan. 

Soroti Pengeroyokan Relawan Ganjar di Boyolali, Gatot Nurmantyo: Saya Tak Yakin Dipukul Batu

"Film Malahayati ini memerlukan waktu, karena kita studi bandingnya belajar perpustakaanya sampai ke Turki. Malahayati ini semakin digali semakin hebat. Tahun 1.500-an ternyata di Aceh sudah ada akademi angkatan laut," ujarnya.  

Tentunya, dalam pembuatan film Malahayati ini dilakukan kerja sama dengan dengan berbagai pihak dan hingga saat ini masih dilakukan pembicaraan. Tidak menutup kemungkinan kerja sama itu dengan pihak international. 

"Diharapkan film ini bukan untuk nasional saja tapi international. Kita menunjukkan kepada dunia bahwa kita punya Laksamana Malahayati," tutur Gatot. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya