Jaksa Agung Pamer Alat Sadap, Sama Canggih dengan Milik KPK

Jaksa Agung, HM Prasetyo (kemeja putih)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Jaksa Agung M Prasetyo mengatakan pihaknya telah memiliki alat sadap yang tak kalah canggih dengan milik KPK. Menariknya, M Prasetyo tampak melontarkan sindiran terkait dengan alat sadap yang dimilikinya.

Survei LSI: Kepercayaan Publik terhadap Kejaksaan Naik Jadi 74 Persen

“Insya Allah alat sadap kami tidak kalah dengan alat yang lain termasuk yang dimiliki KPK," kata Prasetyo di gedung DPR, Jakarta, Rabu 11 Oktober 2017.

Namun Jaksa Agung menegaskan, pihaknya tak akan sembarangan menyadap. Tidak seperti, KPK yang bisa kapan saja menyadap dan menyadap siapa saja untuk kepentingan apapun. Kejaksaan harus memerlukan izin. Dan penggunaan alat sadap kejaksaan ini baru bisa digunakan pada tahap penyidikan.

DPR Minta Keluarga Tersangka Korupsi Timah Dicekal: Bisa Hilang dan Operasi Wajah

"Padahal sebenarnya di tahap penyelidikan pun kita perlukan. Tapi karena UU mengatakan seperti itu kita tidak bisa menentang ketentuan perundangan yang ada," kata Prasetyo.

Ia menambahkan, alat sadap tersebut sekarang lebih banyak dimanfaatkan untuk mengintersepsi para buron, baik buron dengan status tersangka atau pun terpidana. Hasilnya pun diklaim cukup menggembirakaan.

Kejagung Blak-blakan Alasan Periksa Sandra Dewi, Ternyata...

"Karena sekian banyak buron, katakanlah untuk para terpidana terlanjur lari karena tak ditahan, kemudian dengan alat sadap, kami bisa ditemukan," kata Prasetyo.

Kejaksaan Agung menyita aset berupa uang tunai dari kasus korupsi timah

Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

Survei LSI menyebutkan, Sebanyak 68,4 persen masyarakat percaya Kejaksaan Agung akan mengusut tuntas kasus korupsi terkait PT Timah yang merugikan negara hingga Rp 271 T.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024