Soal Demo Besar di Bandung, Pengemudi Online: Itu Hoaks

Pengemudi ojek online.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Pengemudi Online Satu Komando (Posko) Jawa Barat menyebutkan isu soal bakal ada demonstrasi besar-besaran pengemudi transportasi online di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat merupakan kabar bohong alias hoaks.

Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

Humas Posko Jawa Barat Agi Ginanjar menjelaskan, pihaknya memang ada menyebarkan informasi mengenai sikap terhadap pemerintah, namun bukan unjuk rasa melainkan hanya rencana doa bersama.

"Kemarin banyak banget memang yang nge-share mau (aksi), ada yang dari Cimahi, pinggiran. Itu mah info (hoaks)," ujar Agi di Bandung Jawa Barat, Kamis, 12 Oktober 2017.

Sekda Ema Sumarna Mengundurkan Diri Usai Jadi Tersangka Suap Bandung Smart City

Sampai saat ini, pihaknya masih menunggu pernyataan resmi dari pemerintah soal kebijakan baru, serta hasil revisi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 26/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

"Ini masih saya konfirmasi. Jadi kalau tidak ada halangan, hari ini Dishub tidak akan memberi pernyataan bahwa transportasi online tidak bisa dibekukan," ujarnya.

Anggota Dishub Ditampol Mangkuk Bubur Ayam Usai Negur Parkir Sembarangan

Agi menegaskan, hari ini dipastikan tidak ada pergerakan unjuk rasa para pengemudi online. "Jadi kalau ada demo, lucu. Makanya banyak yang share info itu, ada yang edit. Hari ini pergerakan enggak ada di grup mana juga, terutama grup Posko," katanya.

Berikut isi pesan yang beredar terkait isu rencana aksi di Gedung Sate yang diterima VIVA.co.id, Rabu malam, 11 Oktober 2017:

Aya info utk antisipasi kita & smg tdk terjadi : Bilih nju d Bdg atau rencana besok bade k bdg, mohon baca sejenak:

*"Prediksi Besok Bandung kota* 
Besok Di sinyalir ada Dua Kubu besar,
1.Demo lg besar''an,,,
2.Ojek Online gabungan Mau Kumpul Minta Tggung jawab ke kubu Angkot Gabungan, Soalnya Di jl.bkr Grab ojek Di Tabrak Sngaja sampe Mati, Di buah batu grab Mati Jg Di Tabrak Angkot, Di karapitan Grab jg Di Gebukin Angkot, Ada jg ojek online Yg Hilang Ga ada kabar,, Trakhir Aktif Aplikasi di Area konflik karapitan jg,,! Info terkini, malam ini para Online lg kumpul di gedung sate,, Besok Bakal Datang Dari cimahi ojek Online skitar 1000 orang Dari jakarta 500 orang, Mau ke Bandung,, Blm dari Yg Lain,,,,, besok jgn main hp Di Motor atau di Pinggir jln,, takut Di kira Ojek online, Besok Udah Ga ada Tanya tanya lg,, Maen Sikat langsung!! Hatur Nuhun,,,

Info dari FKDM, mohon bantu diinfokan ke rekan2 agar tdk menjadi korban salah sasaran. 

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya