Pembangunan Tol Palindra Telan Biaya Paling Banyak

Jokowi meninjau lokasi gerbang Tol Palindra, di Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK Putra

VIVA.co.id – Pembangunan Tol Palembang-Inderalaya sepanjang 22 kilometer menelan biaya lebih banyak, dibandingkan pembangunan tol di daerah lain.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Stabat, Intip Spesifikasi Tolnya

Presiden Joko Widodo mengatakan, konstruksi lahan di Sumatera Selatan yang hampir seluruhnya adalah rawa dan gambut, membuat proses pembangunan memakan waktu yang panjang dan biaya yang tidak sedikit.

Sebab, seluruh kontruksi tanah yang dijadikan Tol Palindra, harus divakum untuk membuang kandungan air yang ada di bawah tanah.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Penghubung Sumatera Utara dan Aceh

“Bayangkan, ini harus dikeduk tujuh meter dan ditimbun lagi. Karena ini harus divakum, semuanya lahan rawa. Sehingga biayanya lebih banyak dibandingkan tempat lain. Selisihnya (biaya) sekitar 1,5 kali lipat," katanya usai meresmikan Tol Palindra, di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Kamis, 12 Oktober 2017.

Hasil pembangunan tol pertama di Sumsel sendiri diakui Jokowi tak kalah dengan tol yang ada di Pulau Jawa. Bahkan, hasilnya sangat memuaskan.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

“Empat kali saya datang ke sini. Saya ingin melihat fisik jadinya seperti apa. Ternyata seperti tol yang lain," ujarnya.

Tol Palindra yang dibangun oleh PT Hutama Karya tersebut menelan biaya Rp3,3 triliun. Pembangunan berlangsung sejak 2015 lalu.

Menkeu Sri Mulyani dan Wamen BUMN di Tol Stabat.

LMAN Kucurkan Rp650 Miliar untuk Pembebasan Lahan Tol Binjai-Langsa

Jalan tol Binjai-Langsa merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang membentang dari Aceh hingga Bandar Lampung.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2022