Lima Lagi Jemaah Haji yang Sakit Dipulangkan ke Tanah Air

Jemaah Haji Asal Indonesia Sakit
Sumber :
  • ANTARA/Maha Eka Swasta

VIVA.co.id – Lima jemaah haji Indonesia yang sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi sudah membaik dan akan dipulangkan ke Indonesia.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Menurut Staf Teknis I KUH Ahmad Dumyathi Basori, kelima jemaah haji itu akan bertolak dari Arab pukul 19.30 waktu setempat, Sabtu, 14 Oktober 2017.

"Persiapan pemulangan sudah selesai. Medical Information Form (MEDIF) yang dikeluarkan pihak berwenang dan sekaligus menjadi syarat kelaikan terbang sudah keluar. Tiket kepulangan jemaah juga sudah siap," kata Dumyathi.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Menurut Dumyathi, kelima jemaah ini akan pulang dengan cara yang berbeda-beda. Tiga jemaah dalam posisi duduk sehingga hanya membutuhkan satu kursi. Sedang dua jemaah lainnya pulang dalam posisi berbaring dengan alat bantu kesehatan atau strecher

"Untuk posisi ini, masing-masing membutuhkan minimal 3 kursi pada penerbangan internasional dan 12 kursi pada penerbangan domestik," ujarnya. 

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

Berikut data diri kelima jemaah tersebut:

1. Siti Rahmah binti H Abdullah Ludwi dari kloter 9 Embarkasi Lombok (LOP 09) pulang dengan posisi duduk.

2. Marsinah Karmat Sarmin binti Karmat dari kloter 94 Embarkasi Solo (SOC 94) pulang dengan posisi duduk.

3. Sayad bin Sarjad dari kloter 16 Embarkasi Banjarmasin (BDJ 16) pulang dengan posisi duduk.

4. Masenin bin Melih Sarip dari kloter 17 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 17) pulang dengan posisi baring dengan alat bantu kesehatan.

5. Juminah binti Wiro Dimerjo dari kloter 06 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 06) pulang dengan posisi baring dengan alat bantu kesehatan.

Ada 60 jemaah haji Indonesia yang dirawat di RSAS pasca berakhirnya operasional haji 1438H/2017M. Empat jemaah di antaranya wafat di Arab Saudi. Dengan kembalinya lima jemaah ini, total sudah ada enam yang pulang ke Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya