Tumbuh Dekat Kuburan, Warga Menamai Bunga Ajaib

Bunga bangkai atau Suweg yang dipercaya warga Kota Garut sebagai bunga ajaib ketika muncul di Tempat Pemakaman Umum, Selasa (17/10/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id – Kemunculan bunga bangkai di kawasan Tempat Pemakaman Umum Kelurahan Regol, Kota Garut, menjadi perhatian warga. Bunga berwarna merah keunguan ini kerap mengeluarkan cairan 'aneh' yang dikira darah setiap malam hari.

5 Tumbuhan Langka di Indonesia, Miliki Kayu Terkuat Hingga Bunga Terindah

Karena keanehan itu lah, warga kemudian menamai bunga itu sebagai bunga ajaib. "Padahal bukan darah mungkin, karena bunganya berwarna merah jadi terlihat seperti darah. Kami menyebut bunga aneh," ujar penjaga TPU Regol, Satimin (65), Selasa, 17 Oktober 2017.

Warga lainnya, Asep Burhan (53) yang juga bersama Satimin menemukan bunga bangkai tersebut, mengatakan bahwa penemuan bunga bangkai itu untuk yang kedua kalinya pernah muncul pada 2012. "(Kini) Kami pagari biar tidak disentuh oleh warga yang datang dan ingin merabanya," ungkap Asep.

Macam macam Bunga Langka di Dunia, Bertahun-tahun Tumbuhnya

Baca Juga:

Penampakan Bunga Bangkai di Rumah Warga Jaksel yang Bau Tiap Malam

Baik Satimin maupun Asep sebenarnya tidak mengetahui secara pasti jenis bunga bangkai tersebut. Mereka berdua hanya melihat ukuran bunga yang cukup besar dan bentuknya aneh, sehingga tidak berani memungutnya.

"Saya tidak tahu bunga apa itu, yah karena bentuknya aneh saja," katanya.

Sementara itu, Rukhimat, Warga Kelurahan Cimuncang mengaku mengenali bunga itu sebagai bunga bangkai. Menurutnya, bunga itu kelak menjadi cikal bakal munculnya pohon sejenis talas.

Lalu, dari akarnya itu akan muncul sejenis umbi dan enak untuk dikonsumsi. "Dulu di kebun saya banyak muncul bunga bangkai, nantinya akan muncul batang dan daun yang diberi nama Suweg," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya