Wapres JK Tak Setuju Pembentukan Densus Tipikor Polri

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menilai rencana pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) oleh Kepolisian RI hanya akan menciptakan ketakutan di kalangan lembaga penyelenggara negara.

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

Menurut JK, semakin banyaknya lembaga penegak hukum yang memiliki kewenangan pemberantasan korupsi, hanya akan membuat para pejabat pembuat kebijakan gentar saat menyusun atau hendak menggunakan anggaran karena tidak mau melakukan kesalahan yang bisa dianggap korupsi.

Saat ini, setidaknya tiga lembaga yang memiliki kewenangan pemberantasan korupsi, yaitu KPK, Polri dan Kejaksaan Agung.

JK Sebut RI Bayar Cicilan Utang Sampai Rp 1.000 Triliun per Tahun, Ini Respons Sri Mulyani

"Kita juga harus hati-hati (dengan rencana pembentukan Densus Tipikor). Jangan isu pemberantasan korupsi itu menakutkan bagi semua orang sehingga menakutkan juga pejabat pembuat kebijakan," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2017.

Sementara, pemerintah lanjut JK, menginginkan terciptanya birokrasi yang cepat tanpa adanya ketakutan dari birokrat yang bisa menghambat laju pemerintahan.

JK: Ceramah di Indonesia Bisa Kritik Pemerintah, Negara Lain Mana Bisa

JK berpandangan kondisi pemberantasan korupsi di Indonesia saat ini sudah cukup memadai. Lebih jauh, JK mengaku tidak setuju dengan wacana pembentukan Densus Tipikor yang digagas Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian itu.

"Cukup biar KPK dulu (menjadi lembaga utama pemberantasan korupsi). Toh sebenarnya polisi, kejaksaan juga masih bisa menjalankan tugas. Tidak berarti perlu ada tim baru untuk melakukan itu," ujar JK.

Ketua Umum DMI sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Markaz Al Islami HM Jusuf Kalla (JK) saat memberikan arahan kepafa pengurus baru yayasan di Masjid Al Markaz Al Islami di Jalan Masjid Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (10/3/2024)

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla (JK) mengingatkan kepada umat Muslim untuk mengintrospeksi diri menyambut Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024