Sosok Cawagub yang Dianggap Menentukan Pilgub Jawa Timur

Khofifah Indar Parawansa (tengah) dan Saifullah Yusuf (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Sejumlah lembaga ikut mendedahkan fokusnya pada bakal calon wakil gubernur yang akan berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal calon gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Bursa calon wakil disebut menentukan siapa yang akan memenangi kontestasi.

Sekjen NU Sebut Surya Paloh Negarawan karena Terima Hasil Pilpres, Layak Ditiru PKB

Saifullah Yusuf alias Gus Ipul telah dipasangkan dengan Abdullah Azwar Anas oleh partai politik pengusung, PDIP dan PKB. Sosok Anas disebut bakal membantu suara Gus Ipul di kalangan kelompok nasionalis. Khofifah diharuskan mencari calon wakil yang bisa menandingi Anas.

Direktur Lembaga Survei Regional, Mufti Mubarok mengatakan, calon wakil pada Pilgub Jatim jadi penentu karena Khofifah dan Gus Ipul sudah mentok. Keduanya sama-sama memiliki basis suara. "Sejatinya perang cawagub ini yang menarik dan menjadi penentu," katanya di Surabaya pada Jumat, 20 Oktober 2017.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

Sejumlah nama berseliweran di bursa calon pendamping Khofifah. Mereka diklaim mewakili kultur kawasan seperti Mataraman, Tapal Kuda dan Madura. Mereka di antaranya, mantan Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin (disebut mewakili Tapal Kuda dan Madura), Bupati Ponorogo Ipong Muchlison (Mataraman), dan Bupati Trenggalek Emil Dardak (Mataraman).

Ada juga nama Wakil Bupati Ngawi, Ony Harsono, yang juga mewakili Mataraman. Mufti menilai, dari beberapa nama itu, Hasan Aminuddin disebutnya lebih ideal. Alasannya, politikus Nasdem itu lebih senior dan lebih lama berpengalaman soal Jatim dibandingkan nama lain. "Dia juga masih punya massa loyalis saat masih di PKB era Gus Dur," ujarnya.

Khofifah: Kita Doakan Oktober Mendatang Presiden ke-8 Prabowo Dilantik

Khofifah sudah memasrahkan siapa yang akan mendampinginya pada Pilgub Jatim nanti kepada para kiai pendukungnya yang bernama Tim Sembilan. Delapan nama yang masuk tahap pembahasan dan akan diputuskan paling lama sepuluh hari mendatang. Satu nama pilihan kiai itu nantinya diminta kesepakatan kepada partai pengusung.

Baru dua partai yang memastikan berkoalisi mengusung Khofifah di Pilgub Jatim, yakni Golkar dan Nasdem. Surat Keputusan DPP Golkar soal pencalonan Khofifah dijadwalkan diserahkan pada Sabtu, 21 Oktober 2017, di kantor Golkar Jatim, Surabaya. Dua partai lain dikabarkan menyusul, yakni PPP dan Demokrat. (mus)

Pemabaran hasil survei ARCI soal Pilgub Jatim 2024 di Surabaya.

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Berdasarkan popularitas figur, Khofifah juga unggul.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024