Cat Anti Karat dari Rambut Karya Pelajar RI Diakui Dunia

Ilustrasi-Medali peserta Genius Olympiad 2017 di Amerika Serikat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Facebook

VIVA – Dua pelajar Sekolah Menengah Atas Tangerang, berhasil menyabet medali emas dalam ajang Genius Olympiad 2017 di Oswego Amerika Serikat.

UU Cipta Kerja Sah, Kampus Bisa Ajak BUMN Kolaborasi Riset

Lewat karyanya memanfaatkan limbah rambut, Samuel Benedict dan Christopher Richard, pelajar kelas XII SMA Santa Laurensia Tangerang ini mendapat pengakuan dunia.

Lalu, apa karya kedua pelajar ini?

UU Cipta Kerja Dorong Kampus dan BUMN Buat Riset Berbasis Output

Samuel dan Christopher diketahui berhasil membuat racikan dari karetin, yang didapat dari ekstraksi rambut manusia untuk menjadi cat yang mampu melindungi besi dan karat dengan hasil mengagumkan.

"Pas saya tahu tentang kandungan rambut yang dapat melindungi besi dari karat, saya mulai melakukan percobaan dengan mencampurkan formulasi karetin rambut dengan cat," kata Samuel, Rabu 25 Oktober 2017.

Detik-detik Pria Pertaruhkan Nyawa untuk Selamatkan Serigala

Baca Juga:

Menurut remaja yang masih berusia 17 tahun ini, penggunaan karetin yang terkandung dalam rambut manusia, dapat membuat sebuah cat yang akan dioleskan di besi, alumanium, zink (seng) akan lebih sempurna.

Sebab, dengan campuran itu, selain melindungi bahan yang akan dicat, ia juga bisa melindungi secara kimiawi. "Cat dengan ekstrak keratin limbah rambut lebih tahan asam, dan besi yang dilapisi cat tersebut tidak mudah korosi," kata Samuel.

Atas buah pikir itulah, Samuel dan Christopher akhirnya bisa menyingkirkan ribuan peserta olimpiade dan 360-an peserta beregu lain di 73 negara di dunia.

"Ide awalnya, pas saya lihat banyak sampah rambut sampai berdus-dus di tempat saya cukur rambut, kan tidak enak dipandang jadi, saya berpikir untuk memanfaatkannya," kata Samuel.

Kini, dari penemuan itu, Samuel mengaku sedang berupaya mengembangkan temuannya, agar dapat juga diaplikasikan ke bahan lain.

"Harusnya bisa juga buat cat tembok, dan lain-lainnya. Saya sedang kembangkan ke arah itu, dan sedang usaha membuat patennya," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya