Jadi Utusan Dialog Antar-agama, Din Syamsudin Sambangi PGI

Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban Din Syamsudin menemui Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Henriette Lebang.
Sumber :
  • Putri Firdaus

VIVA – Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban Din Syamsudin, menemui Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Henriette Lebang. Mereka bertemu di Kantor PGI, Salemba, Senin 30 Oktober 2017.

10 Kota Intoleran di Indonesia, Kota Terkenal Ini Masuk ke Daftar

Menurut Din, pertemuan dengan berbagai majelis agama sangat baik untuk membangun kebersamaan antar umat beragama di Indonesia. Hal ini sesuai dengan amanat yang diberikan Presiden.

"Saya datang untuk mendapatkan dukungan dan menunaikan tugas. Mandat dalam Keppres itu selain mempromosikan kerukunan agama di Indonesia dan yang paling penting mewujudkan kerukunan antar-umat beragama," katanya.

Prabowo Hadiri Natal Nasional di Surabaya Bareng Jokowi, Masyarakat Antusias Minta Selfie

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Din, hubungan pemeluk agama Islam dan Kristiani kerap bergejolak. Padahal dua agama ini memiliki akar yang sama. Sebab itu, pemeluk dua agama ini harus tetap menjalin hubungan yang baik.

"Dua agama ini berasal dari rumpun yang sama, Islam juga berasal dari Ibrahim AS. Oleh karena itu, ini harus kita rajut baik dari pesan agama kita masing-masing, maupun sebagai pesan dari konstitusi kita, Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Emak-emak Berkerudung Masuk ke Gereja, Hal Baik Ini yang Dilakukan

Sependapat dengan mantan Ketua MUI, Ketua PGI Henriette Lebang menyatakan bahwa kebersamaan Indonesia menjadi contoh perdamaian di dunia Internasional sehingga kebersamaan itu harus terus dijaga.

"Kerja sama ini penting, bagaimana NKRI diperkuat, bagaimana masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang berkeadaban. Masyarakat internasional melihat Indonesia bagaimana bangsa Indonesia hidup dalan kemajemukan, Indonesia mendapat perhatian komunitas dunia," ujar Henriette. (ren)

Mikha Tambayong dan Suami

Meski Beda Agama, Ini Momen Mikha Tambayong dan Deva Mahenra Rayakan Lebaran Bersama

Meski Beda Agama, Ini Momen Mikha Tambayong dan Deva Mahenra untuk kedua kalinya merayakan Lebaran bersama sebagai suami istri.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024