Polisi Temukan Keanehan pada Senjata Terduga Teroris di Bima

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menunjukan barang bukti teroris Bima
Sumber :
  • VIVA/Irwandi

VIVA – Tim Detasemen Khusus 88 anti teror menyita sejumlah barang bukti dari terduga teroris kelompok Jamaah Ansor Tauhid (JAT), saat kontak senjata, di Gunung Rotr Asakota, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Senin, 30 Oktober 2017.

Densus 88 Tangkap Lansia Terduga Teroris di Lombok Timur, Profesinya Anggota LSM

Salah satu barang bukti yang diamankan adalah dua pucuk senjata rakitan, 20 butir peluru kaliber 5,56 mm, 7 butir peluru kaliber 38 dan 2 butir peluru kaliber 9 mm.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan, senjata yang digunakan oleh terduga teroris merupakan senjata rakitan yang tergolong aneh. "Ini senjata rakitannya aneh," kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2017.

Rumah Terduga Teroris di Surabaya Digeledah Densus, Ketua RW: Orangnya Suka Debat Masalah Jihad

Sejumlah keanehan tersebut, di antaranya senjata rakitan ini menggunakan baut pintu. Kemudian, senjata yang berbentuk seperti pistol bisa menggunakan berbagai macam jenis peluru. Dari peluru untuk pistol, revolver hingga senjata laras panjang.

"Bisa masuk peluru macam-macam. Peluru kaliber 5,56 itu sebenarnya untuk senjata laras panjang, untuk senapan. Adanya 38 untuk revolver. Yang 9 mm untuk pistol," ujarnya.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul mengatakan, kontak senjata itu terjadi di Gunung Rotr Asakota, perbatasan Kota Bima dengan Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Senin, 30 Oktober 2017, sekitar pukul 09.45 WIB.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini mengatakan, dua orang terduga anggota kelompok teroris tewas dalam kontak senjata tersebut. Keduanya adalah Amir alias Dance dan Yaman. Sedangkan dua orang lainnya, Iqbal dan Nandar melarikan diri ke hutan pegunungan kawasan tersebut. (mus)

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023