Malam Midodareni, Cincin Tanpa Mata Seserahan untuk Kahiyang

Awali Prosesi Pernikahan Kahiyang-Bobby, Presiden Jokowi Pasang Bleketepe
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA – Prosesi midodareni menjelang acara panggih dan akad nikah Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution digelar di kediaman Presiden Joko Widodo di Jalan Kutai Utara Kelurahan Sumber, Banjarsari Solo, Selasa malam, 7 November 2017

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Saat pelaksanaan prosesi midodareni ini, pembawa acara menyebutkan beberapa barang yang dijadikan saserahan. Seperti pakaian putri, perlengkapan riasan, hingga cincin kawin tanpa mata. Sementara itu, seserahan disampaikan oleh Letjend Edy Rahmayadi yang juga Pangkostrad.

Sedangkan lokasi di sekitar kediaman Presiden Jokowi, akses jalan raya sudah ditutup. Sehingga, undangan dan pihak keluarga harus berjalan kaki lebih kurang 100 meter. Tidak semua bisa masuk kediaman. Banyak yang berada di halaman rumah dan menyaksikan prosesi itu dari layar lebar yang disiapkan.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Midodareni berasal dari kata widodari yang dalam bahasa Jawa bermakna bidadari. Mitos di kalangan masyarakat Jawa, saat prosesi midodareni konon para bidadari dari khayangan turun ke bumi dan bertandang ke rumah calon mempelai wanita, guna ikut mempercantik dan menyempurnakan calon pengantin wanita.

Sowannya calon mempelai pria ke rumah calon mempelai wanita untuk beremu dengan orangtua dari calon mempelai wanita yang kelak akan menjadi mertuanya. Jonggolan sendiri berasal dari kata njonggol yang berarti menampakan diri. Menampakan diri ini untuk menunjukkan kepada calon mertuanya bahwa sampai saat menjelang detik-detik akad nikah, calon mempelai pria dalam keadaan sehat wal afiat dan telah mempunyai kemantapan hati untuk menikahi putrinya.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Pada acara ini calon mempelai pria tidak, melainkan hanya didampingi oleh wakil dari keluarganya yang telah ditunjuk. Rombongan calon mempelai pria datang dengan membawa seserahan yang berisi segala keperluan sehari-hari calon mempelai wanita.

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan Temui Presiden Jokowi

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, datang ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Jumat, 26 April 2024. Menteri Luar Ne

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024