Bandung Air Show 2017, 40 Jadwal Penerbangan Diubah

Pesawat Super Tucano di Pangkalan TNI Angkata Udara Abdulrachman Saleh di Malang, Jawa Timur, pada Senin, 29 Februari 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/D.A. Pitaloka

VIVA – Festival Bandung Air Show atau BAS 2017 yang diselenggarakan empat hari di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, Jawa Barat, berdampak pada jam penerbangan komersial mengalami delay.

Bandara Husein Bidik Penerbangan Rute Thailand dan Australia

Danlanud Husein Sastranegara, Kolonel Pnb. M. Imam Handojo menjelaskan, acara yang dimulai sejak Kamis, 9 November 2017 sampai dengan Minggu, 12 November 2017, arus penerbangan steril sejak pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB dan pukul 15.00 sampai dengan 17.00 WIB. Tidak ada penerbangan komersial. 

"Kalau penundaan, sejak jauh hari sudah diinfokan. Ada Notice To Air Man (Notam), jadi semua airline yang masuk Bandung sudah diinfokan bulan-bulan sebelumnya," ujar Handojo di Lanud Husein Sastranegara Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 8 November 2017.

Pindah ke Kertajati, Penumpang Husein Sastranegara Turun 70 Persen

Handojo menuturkan, dengan penundaan tersebut, penyelenggara memastikan tidak berdampak serius dengan perubahan jadwal. "Penerbangan sipil akan menyesuaikan setelah jam itu atau sesudah jam itu. Mereka bisa mengubah rutenya, sehingga tidak menimbulkan kerugian terlalu besar," katanya.

Menurut Handojo, dalam satu hari tercatat terdapat puluhan penerbangan terdiri dari komersial bandara dan Lanud Husein Sastranegara. "Perharinya 40 flight, sudah kami infokan ke seluruh airline. Pihak airline juga menyesuaikan dengan cuaca," terangnya. (ase)

Kertajati Beroperasi, Bandara Bandung Bakal Ditutup Perlahan
Bandara Husein Sastranegara, Jawa Barat.

Lebaran 1442 H, Bandara Husein Sastranegara Tetap Buka Layani Nonmudik

Layanan penerbangan untuk mudik ditiadakan. Bandara hanya melayani penumpang dengan kategori pengecualian

img_title
VIVA.co.id
29 April 2021