Status Siaga Level II, Gunung Dempo Letuskan Abu Vulkanik

Gunung Dempo di Sumatera Selatan.
Sumber :
  • Adjie (Palembang)/ VIVA

VIVA – Gunung api Dempo di kota Pagaralam, Sumatra Selatan kembali menunjukkan aktivitas dengan meletuskan abu vulkanik, sekitar pukul 17.00 WIB, Kamis, 9 November 2017. 

Geger Pulau Baru Tiba-tiba Muncul di Jepang, Hal Ini Jadi Pemicunya

Letusan abu vulkanik tersebut mengarah ke bagian selatan gunung Dempo. Status gunung saat ini ditetapkan waspada level II.

Kepala Pos Pantau Dempo Mulyadi ketika dikonfirmasi mengatakan, letusan abu vulkanik tersebut tidak menimbulkan dampak apa pun terhadap warga yang berada di kaki gunung.

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Setinggi 2,5 Km

"Tidak ada warga yang dievakuasi, karena belum ada menunjukkan dampak apa pun. Ini letusan identik freatik," kata Mulyadi melalui sambungan telepon.

Letusan identik freatik dengan mengeluarkan abu vulkanik tersebut, sebelumnya pernah terjadi pada April 2017 lalu. Status Dempo yang ketika itu normal ditingkatkan menjadi waspada level dua.

Gunung Berapi Shiveluch di Rusia Meletus, Ganggu Penerbangan

"Hingga sekarang statusnya masih waspada level dua. Tidak ada peningkatan status. Sekarang kondisinya masih kabut, belum terlihat seberapa tinggi abunya. Mungkin besok baru terlihat," ujarnya. (ase)

Gunung Berapi bawah laut.

Menguak 7 Gunung Berapi Bawah Laut di Indonesia

Gunung berapi tidak hanya tersebar di daratan Indonesia, tapi juga lautan. Gunung berapi aktif dibagi menjadi tiga tipe.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023