Menteri Susi Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari ITS

Menteri Susi Pudjiastuti dapat gelar doktor honoris causa di ITS
Sumber :

VIVA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerima gelar doktor honoris causa bidang manajemen dan konservasi sumber daya kelautan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS Surabaya. Susi mengatakan, gelar kehormatan tersebut jadi pengukuh atas semua kebijakannya di kementerian.

ITS Buka Jalur Khusus Influencer dan Youtuber, Ini Syaratnya!

Susi kian percaya diri atas gelar honoris causa itu. Maklum, secara formal dia tidak lulus untuk tingkat sekolah menengah atas.

Kecerdasan dan keuletannya di bidang perikanan menjadikan wanita eksentrik itu jadi wanita hebat, hingga kemudian ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

ITS Juara Umum Kontes Kapal Cepat Tak Berawak 2021

Kebijakannya kerap mengundang kontroversi, yang paling menonjol terkait pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal, terutama oleh nelayan asing. Banyak yang mendukung bahwa apa yang dilakukan wanita bergaya kekinian itu semata-mata untuk memastikan bahwa laut Indonesia adalah hanya untuk rakyat Indonesia.

Susi mengakui sebetulnya tidak mempertimbangkan soal gelar kehormatan tersebut. Tetapi dia mengakui itu bisa melegitimasi setiap kebijakan yang dikeluarkan di kementerian. "Itu pun masih ada yang sangsi," katanya seusai pengukuhan gelar di ITS Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 10 November 2017.

ITS Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2021

Dengan gelar honoris causa itu, Susi mengaku kian bersemangat meneruskan kebijakannya dalam hal pemberantasan illegal fishing. "Semoga penganugerahan mendorong saya untuk lebih baik dan lebih berperan khususnya dalam menjalankan pembangunan di negeri ini," katanya.

Rektor ITS Joni Hermana mengatakan, Susi Pudjiastuti layak menerima gelar doktor honoris causa karena kemampuannya membuat perubahan di bidang kelautan dan perikanan. Kebijakannya tidak hanya bersifat teknis, tetapi berjalan secara berkesinambungan. "Kami dan bangsa Indonesia bangga dengan beliau," ujarnya. (mus)

Alat diagnosa kesehatan elBicare Cough Analyzer dapat deteksi COVID-19

ITS Kembangkan Alat Deteksi COVID-19 Melalui Batuk

Tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengembangkan alat diagnosa kesehatan bernama elBicare Cough Analyzer, dapat mendeteksi dini COVID-19.

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2022