Khofifah Jadi Cagub, Jokowi Bakal Rombak Kabinet Awal 2018?

Presiden Jokowi saat mengumumkan komposisi pertama Kabinet kerja pada Oktober 2014
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ezra Natalyn

VIVA – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memastikan bakal ada perombakan alias reshuffle pada jajaran kabinet. Perombakan kemungkinan besar akan terjadi kurang dari tiga bulan ke depan.

AHY jadi Menteri ATR/BPN, Mardani PKS: Welcome to The Jungle

Menurut Tjahjo, salah satu alasan perombakan kabinet Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yakni karena adanya menteri yang memutuskan untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah 2018.

"Kalau ada menteri mencalonkan seperti Ibu Khofifah sudah yakin maju Pilgub kan pasti diganti," Kata Tjahjo di Sesko TNI, Bandung, Senin 13 November 2017.

Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN di Istana, Moeldoko ke Mana Tak Nongol?

Tjahjo belum bisa memastikan siapa orang yang bakal mengisi kursi jabatan yang ditinggalkan Khofifah. Selain itu, Tjahjo belum mau menyebutkan siapa saja menteri lain yang bakal dicopot Jokowi.

"Soal pengganti siapa? Itu hak presiden," katanya.

Jokowi Lakukan Reshuffle, Ini Deretan Menteri Terbaru Kabinet Indonesia Maju

Politikus PDIP ini memperkirakan reshuffle akan berlangsung pada awal 2018. Hal itu mengacu pada jadwal dan penetapan calon kepala daerah peserta Pilkada serentak 2018 yang telah ditetapkan oleh KPU.

Seperti diketahui, Khofifah maju di  Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 dengan diusung PAN dan dua partai politik lainnya, seperti Gerindra dan PKS.

"Jawa Timur saya sudah ketemu Embak Khofifah. Kami ada tiga partai, Gerindra, PKS, PAN," kata Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan di gedung DPR, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya