Simpatisan ISIS Ditangkap Densus Saat Mau ke Filipina

Tim Densus 88 Antiteror
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Iqbal

VIVA – Seorang pria bernama Abu Musad ditangkap aparat Densus 88 Mabes Polri saat hendak menyeberang ke Filipina melalui Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, kemarin.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Polisi mencurigai pria asal Banten itu adalah simpatisan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang berbasis di Filipina Selatan.

"Dia (diduga) salah satu simpatisan ISIS, dia mau bergabung ke Filipina Selatan," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto, di Jakarta, Selasa 14 November 2017.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

Abu Musad awalnya ditangkap aparat TNI Angkatan Laut di perbatasan Sangihe Lautan. Gerak-geriknya dianggap mencurigakan sehingga TNI membawanya Pangkalan Utama TNI AL di sana, lalu diserahkan kepada Densus.

Dalam pemeriksaan, kata Setyo, Musad mengakui memang hendak ke Filipina Selatan. Ditemukan juga beberapa nomor kontak dengan nama-nama kelompok radikal di Filipina Selatan pada ponselnya.

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung

Polisi masih menyelidiki lebih mendalam tentang kemungkinan keterlibatan Musad dengan kelompok ISIS. Pria itu sudah dibawa dari Sulawesi Utara dan ditahan di Markas Komando Brimob di Depok, Jawa Barat.

“Berikan kesempatan Densus untuk melakukan pendalaman dulu," kata Setyo ketika didesak tentang perkiraan keterlibatan Musad dengan jejaring kelompok teroris di Indonesia. (mus)

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023