Satwanya Dicekoki Miras, Taman Safari Lapor ke Polisi

Pengunjung Taman Safari mencekoki hewan dengan minuman air keras
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Beredar video yang menggambarkan aksi tak terpuji yang dilakukan sejumlah pemuda iseng terhadap satwa kudanil dan rusa di Taman Safari Indonesia. Dalam video tersebut, menunjukkan salah seorang pemuda sengaja meminumkan miras ke mulut rusa dan kudanil.

Anak Gajah di Taman Safari Dapat Nama Kehormatan dari Sandiaga Uno

Terkait hal tersebut, pihak Taman Safari Indonesia, Bogor yang dikonfirmasi VIVA mengaku sudah melaporkan aksi tersebut.

"Pihak security sedang melaporkan (pagi tadi) kejadian ini ke Polsek Cisarua," kata Humas Taman Safari Indonesia Bogor, Yulius saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Rabu 15 November 2017.

Akui Lempar Botol Plastik ke Mulut Kuda Nil, Nenek Khadijah Minta Maaf

Ia melanjutkan, pimpinan dan seluruh staf Taman Safari mengaku kecewa terhadap tindakan yang dilakukan pemuda tersebut. Pihaknya menegaskan tak akan mencabut laporan bila yang bersangkutan meminta maaf.

"Tindakan ini tidak cukup hanya meminta maaf. Kami sudah berupaya dengan maksimal untuk melakukan upaya konservasi satwa, melestarikan satwa, mengembangbiakkan satwa agar tidak punah," tuturnya.

Penjaga Taman Safari Nangis Lihat Pengendara Santuy Ini Buka Jendela

Yulius mengingatkan tindakan pemuda tersebut tak pantas karena menyakiti satwa yang dilindungi.

"Tapi di satu sisi ada tindakan orang yang tidak bertanggung jawab, yang secara sengaja menyakiti satwa. Apakah pantas satwa diberlakukan seperti itu?" terangnya.

Kemudian, dengan laporan ke polisi maka diharapkan agar bisa memberikan efek jera kepada pelaku sehingga kejadian serupa tak akan terulang kembali. Pihaknya tak lupa menyampaikan terima kasih kepada warga net yang telah menginformasikan kejadian tersebut kepada TSI.

"Terima kasih atas kepedulian dan dukungan rekan-rekan sekalian terhadap keamanan serta kesejahteraan satwa kami," katanya.

Sebelumnya, beredar video yang muncul di akun Instagram @doniherdaru, tampak pemuda-pemudi tengah memberikan makanan sekumpulan rusa yang menghampiri mobil mereka.

Ironisnya, salah seorang pemuda tersebut memberikan wortel dan tiba-tiba juga menuangi minuman yang diduga minuman keras ke rusa tersebut. Sontak, rusa tersebut langsung lari tunggang-langgang. Dari dalam mobil, muda-mudi itu pun tertawa lepas menyaksikan ulah jahil teman mereka.

Ulah jahil ini berlanjut dengan meminumkan air keras ke mulut kuda nil yang tengah membuka mulutnya. Mereka pun tertawa lepas usai melakukan aksi nakal tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya