Setelah Jenderal Gatot, Panglima TNI dari Angkatan Udara?

Kepala Staf TNI AU Hadi Tjahjanto (kiri), Kepala Staf TNI AL Ade Supandi (tengah) dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo (kanan).
Sumber :
  • ANTARA Foto/Rosa Panggabean

VIVA - Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin menjelaskan, dalam prosedur pergantian panglima TNI, Presiden bisa mengirimkan satu nama saja kepada DPR. Kemudian, komisi terkait yakni Komisi I akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

"Nanti diproses di Komisi I, apakah DPR menyetujui atau tidak. Kalau menyetujui lanjutkan. Kalau tidak menyetujui, nanti Presiden kirim satu nama lagi sampai kemudian disetujui oleh DPR," kata Hasanuddin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 November 2017.

Dia menyebut syarat untuk menjadi panglima adalah TNI aktif, bukan pensiunan. Kemudian, sang calon panglima adalah yang sedang menjabat sebagai kepala staf atau pernah menjadi kepala staf dan masih aktif.

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

"Bisa dari darat, laut, dan udara. Kemudian di dalam UU itu juga dinyatakan dapat digilir. Kata dapat digilir merupakan penekanan supaya ada kesamaan," ujar Hasanuddin.

Menurut Hasanuddin, secara aturan memang tidak ada halangan jika Presiden kembali memilih dari Angkatan Darat, karena pemilihan itu adalah hak prerogatif Presiden. Namun, supaya adil, dia menilai yang mendapat giliran sebaiknya dari Angkatan Udara.

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

"Boleh saja (AD lagi). Tapi logikanya begini. Hari ini Angkatan Darat. Sebelumnya Pak Moeldoko AD. Sebelumnya juga itu saya kira dijabat Angkatan Laut. Kalau dilihat seperti itu barangkali saatnya supaya adil, dari Angkatan Udara," kata dia.

Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Mengacu Undang Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, jabatan Panglima TNI disebut bisa dijabat secara bergantian dari setiap matra.

VIVA Militer: Panglima TNI pimpin Sertijab Pangkogabwilhan II

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Marsda TNI M. Khairil Lubis dilantik menggantikan Marsekal TNI Tonny Harjono yang saat ini menjabat KSAU

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024